Dompu Banyak Pedagang Kecil Belum Tersentuh Bantuan, Pemerintahan Kemana ?

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Dompu Banyak Pedagang Kecil Belum Tersentuh Bantuan, Pemerintahan Kemana ?

Jumat, 10 Desember 2021

 

Inilah Potret pedagang kecil di Kabupaten Dompu (dok : Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Aktivitas pedagang kecil yang menjajakan dagangannya di sejumlah tempat di Kabupaten Dompu, ini sangat banyak. Para pedagang yang juga warga Kabupaten Dompu, ini ada yang berjualan keliling dan juga memanfaatkan trotoar untuk tempat berjualan. 


Mereka, ini adalah pedagang kecil yang menjual minuman dan jajan dengan berjalan keliling menenteng ember dan keranjang mendatangi lokasi-lokasi keramaian, terutama pada saat acara yang dilaksanakan pemerintah di kantor Pemda dan Pandopo Dompu. 


Harapan besar mereka, tentu dagangan bisa dibeli oleh para pembeli. Termasuk, tamu-tamu yang hadir di lokasi acara tersebut. Namun, sayangnya kehadiran mereka ini pun ibarat tidak perhatikan alias dagangannya tidak dibeli. 


Tidak hanya pedagang minuman dan jajan. Para pedagang jagung bakar dan rebus, ini pun juga sering beraktivitas menjual dagangannya di atas trotoar jalan depan Gedung Pemuda. Dengan menggunakan peralatan seadanya, mereka menjajakan dagangannya hampir setiap hari di lokasi setempat. 


Tapi, ketika hujan turun karena tidak payung atau lapak, mereka terpaksa bergegas mengumpulkan dagangannya agar tidak basah. "Inilah realita dan fakta yang kerap dialami oleh para pedagang kecil di Bumi Nggahi Rawi Pahu," ungkap Irawan (29 tahun) warga Kecamatan Dompu, pada wartawan Topikbidom.com, Sabtu (11/12/2021). 


Kata Irawan, para pedagang kecil ini tidak pernah tersentuh oleh bantuan dan perhatian dari Pemda Dompu. Padahal, sampai saat ini Pemda setempat bersama organisasi yang erat kaitannya dengan pemerintah sering menggaungkan peningkatan kesejahteraan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 


"Mestinya, pedagang-pedagang seperti ini yang wajib dibantu oleh pemerintah. Minimal, menyediakan lapak dan lain lain," terangnya. 


Menurut Irawan, selama ini pemerintah juga terus menggaungkan sudah membantu para pedagang kecil. Namun, nyatanya sampai saat ini masih banyak mereka (pedagang kecil) yang tidak tersentuh oleh bantuan pemerintah daerah. 


"Setahu kami, anggaran untuk membantu pedagang-pedagang kecil seperti ini ada. Bahkan jumlah anggarannya, pun sangat besar," herannya.


Irawan berharap, kedepan pedagang-pedagang kecil di Kabupaten Dompu, ini bisa segera dibantu oleh pemerintah. "Mereka itu, hanya pedagang kecil yang keuntungan tidak seberapa. Tapi, bagi mereka hasil itu mampu memenuhi kebutuhan hidup bersama keluarga," tandasnya. RUL