Dikes Dompu Sebut Vaksin Covid-19 Tidak Menyebabkan Kematian

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Dikes Dompu Sebut Vaksin Covid-19 Tidak Menyebabkan Kematian

Selasa, 03 Agustus 2021

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, Hj. Iris Juwita, SKM, MMKes (ist/ Topikbidom.com


Dompu, Topikbidom.com - Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu, meminta kepada seluruh masyarakat, agar tidak takut divaksin Covid-19. Vaksin tidak menyebabkan kematian, tapi meningkatkan ketahanan tubuh dari bahaya Covid-19. 


Hal ini diungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, Hj. Iris Juwita, SKM, MMKes, saat diwawancarai sejumlah wartawan di kantor DPRD Dompu, Selasa (3/8/2021). "Masyarakat jangan takut divaksin. Vaksin sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dari bahaya penularan Covid-19," ungkapnya. 


Diakui Iris, sampai saat ini antusias masyarakat untuk menjalani vaksinasi Covid-19 sangat luar biasa. Hal ini menunjukkan, masyarakat sadar akan bahaya dari penyebaran dan penularan Covid-19. "Banyak ko masyarakat yang mendatangi fasilitas kesehatan khususnya di Puskesmas untuk menjalani vaksinasi," katanya. 


Iris menjelaskan, sebelum menjalani vaksinasi para Tenaga Kesehatan (Nakes) akan terlebih dahulu melakukan Skrining (pemeriksaan kesehatan) terhadap orang yang mau divaksin. "Artinya kalau hasil kesehatannya baik, maka orang itu akan divaksin. Sebaliknya, jika tidak maka tidak ada divaksin," paparnya. 


Iris juga menjelaskan, vaksin Covid-19 sangat berguna untuk kekebalan tubuh. Mengenai efek samping pada vaksinasi Covid-19 tahap pertama, itu hanya membuat kita ngantuk (pengen tidur) dan menambah nafsu makan. "Tapi efek ini tentunya akan menambah kekebalan tubuh," terangnya. 


Lebih jauh Iris menegaskan, masyarakat jangan percaya terhadap isu isu hoax yang mengatakan bahwa vaksin Covid-19 menyebabkan kematian. "Intinya, vaksin sangat aman bagi tubuh kita dari bahaya Covid-19," Tandasnya. RUL