Ini Penjelasan Dikes Dompu Tentang Vaksin Covid-19

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Ini Penjelasan Dikes Dompu Tentang Vaksin Covid-19

Minggu, 18 Juli 2021
Kabid Pelayanan Kesehatan Dikes Dompu, Anike Kusumawati M.Kes (dok: Topikbidom.com)


Dompu, Topikbidom.com - Sampai saat ini kegiatan Vaksinasi Covid-19 masih terus dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu. Hingga tanggal 17 Juli 2021 sekira pukul 17.55 Wita, jumlah orang di Kabupaten Dompu yang sudah diberikan suntikan Vaksin sebanyak 23.405 orang (dosis 1) dan 6.347 orang (dosis 2). 


Hal ini diungkap, Kepala Dikes Dompu, melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Anike Kusumawati M.Kes, saat dikonfirmasi wartawan Topikbidom.com di ruang kerjanya, Senin (19/7/2021). 


Kata Anike Kusumawati M.Kes, kegiatan vaksinasi Covid-19 di laksanakan di 8 kecamatan di Kabupaten Dompu. Sejauh ini kegiatannya tetap berjalan dengan lancar dan sukses. "Alhamdulillah, sampai saat ini kegiatan Vaksinasi masih berjalan. Total target sasaran vaksin Kabupaten Dompu 149.5780 jiwa," jelasnya. 


Anike Kusumawati M.Kes menyebut, orang orang yang diberi suntikan Vaksin yakni Nakes, Pelayanan Publik, Guru, Lansia dan Masyarakat umum. "Inilah orang orang yang diberikan suntikan Vaksin," terangnya. 


Diakui Anike Kusumawati M.Kes, keluhan orang orang mengenai adanya gejala usai diberikan vaksin, itu memang ada. Tapi selama ini, keluhan itu mampu diatasi karena pihaknya langsung mengarahkan untuk ke Puskesmas (Nakes) dan mengkonsumsi obat sesuai yang dianjurkan oleh dokter. 


"Ini yang sering kami lakukan kepada orang orang yang mengalami gejala sakit setelah diberikan suntikan Vaksin," katanya. 


Kenapa orang yang sudah diberikan Vaksin Covid-19, tiba tiba mengalami gejala sakit ?


Lanjut Anike Kusumawati M.Kes, munculnya gejala sakit setelah menerima suntikan Vaksin, itu tergantung dari respon tubuh, sebab yang namanya benda asing dimasukkan dalam tubuh pasti berefek. Maka perlu dilakukan Skrining, apakah orang tersebut layak untuk mendapatkan Vaksin. 


"Disinilah kami berharap kepada calon penerima Vaksin agar jujur menyampaikan apa yang menjadi keluhan atau penyakit yang pernah diderita, agar Nakes bisa memastikan layak atau tidaknya diberikan suntikan Vaksin," jelasnya. 


Berapa jumlah obat Vaksin Covid-19 yang diterima dan apa jenis obat Vaksin ?


Tambah Anike Kusumawati M.Kes, jumlah obat Vaksin Covid-19 yang diterima Dikes Dompu hingga tanggal 16 Juli 2021 sebanyak 32.510 Dosis. "Dari jumlah itu 3.640 (Vaksin Sinovac) dan 28.870 (Vaksin Astrazeneca). Saat ini, ketersediaan stok Vaksin tinggal 3.035 dosis," paparnya. 


Sambung Anike Kusumawati M.Kes, perlu diketahui bahwa pemerintah tetap berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Maka itu, mari bekerjasama untuk membangun kesadaran dalam meningkatkan daya tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan bernutrisi, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, hindari khawatir yg berlebihan atau stress dan tetap melaksanakan Prokes. "Inilah yang kami harapkan," Tandasnya. RUL