Bupati Dompu Resmikan SPBU Satu Harga di Desa Soro Barat

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bupati Dompu Resmikan SPBU Satu Harga di Desa Soro Barat

Senin, 21 Juni 2021

 

Peresmian SPBU satu harga di Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu

Dompu, Topikbidom.com - Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) satu harga di Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, Senin (21/6/2021) diresmikan Bupati Dompu. SPBU bernomor 56.842.06, ini milik PT. Rangga Eka Pratama Energi. 


Pada peresmian ini pun juga dihadiri Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST. MT, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri A.Md., Par, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.kom, Kapolres Dompu di Wakili oleh Wakapolres Dompu Kompol Abdi Mauluddin S.sos, Anggota Forkopimda, Pimpinan Organisasi perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Dompu, Pimpinan PT. Pertamina (Persero) cabang Bima Bapak Raden Tri Wahyu Sbm, Direktur PT. Rangga Eka Pratama Energi, Camat dan Kepala Desa se-Kecamatan Kempo, Tokoh agama serta masyarakat Desa Soro Kecamatan Kempo.




Bupati Dompu Kader Jaelani, melalui sambutannya menyampaikan pendirian SPBU satu harga dalam rangka mewujudkan keadilan energi di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini selaras dengan program Presiden RI untuk mencanangkan kebijakan BBM satu harga yang dilatar belakangi oleh mahalnya harga BBM di tiap wilayah terutama di Indonesia bagian timur Daerah tertinggal.


"Ini bertujuan untuk mendorong implementasi dan kemajuan daerah. Selain itu, Kementerian ESDM juga menerbitkan regulasi turunan yaitu surat keputusan direktur jenderal migas terkait lokasi untuk pendistribusian jenis BBM tersebut," ungkapnya. 


Bupati menyebut, Dirjen migas di awal tahun 20021 sudah menerbitkan 330 lokasi di 115 Kabupaten yang penugasannya diberikan kepada PT. Pertamina Persero atau Badan menerima penugasan lainnya dari target 330 lokasi. Propinsi NTB mendapat alokasi 19 lokasi. Sementara Dompu sejak tahun 2020 berdiri SPBU di wilayah Kecamatan Dompu, Kempo dan Kecamatan Pekat. Sedangkan tahun 2021 itu di Kecamatan Hu'u dan Kecamatan Kilo tahun 2022. "In sha Allah, di kecamatan Pajo juga sudah diusulkan," terangnya. 


Menurut Bupati, keberadaan SPBU ini akan menjadi penopang bagi kemajuan perekonomian masyarakat kecamatan dan sekitarnya. Juga akan mendorong percepatan tumbuh kembangnya aktivitas perekonomian di wilayah yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


"Keberadaan SPBU ini tentunya akan memenuhi kebutuhan BBM masyarakat. Apalagi keberadaan SPBU ini jaraknya dekat dan tentunya menghemat biaya transportasi," katanya. 


Masih menurut Bupati, adanya SPBU ini pun  memberikan dampak yang baik bagi perputaran perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama bagi pelaku usaha warung makan yang menyediakan aneka menu khas kempo dengan memanfaatkan potensi kelautan yang melimpah. 


"SPBU juga tentunya memberikan nilai tambah terutama di sektor perikanan pertanian dan peternakan. Terutama di Kecamatan Kempo ini terdapat pelabuhan laut milik pemerintah Dompu yang tentunya memerlukan dukungan keberlangsungan suplai bahan bakar guna menunjang operasional produksi dan produktivitas," jelasnya. 


Berangkat dari hal ini, Bupati berharap kedepan Pelabuhan Soro akan lebih dioptimalkan sebagai pintu masuk dan keluar barang serta komoditi untuk kebutuhan dalam dan diluar daerah. Disamping itu, di sekitar pelabuhan masih tersedia lahan yang cukup untuk pembangunan gudang dan berbagai rencana pengembangan pelabuhan di masa depan.


"Dengan adanya SPBU, masyarakat tidak perlu lagi membeli BBM dengan harga mahal dan hal ini tentunya akan mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk membeli BBM. Selain itu, juga dapat menumbuh kembangkan usaha mikro dan industri kecil menengah di kecamatan dan sekitarnya sehingga dapat merangsang jumlah kunjungan dan peningkatan mobilitas masyarakat di wilayah," tuturnya. 


Ditengah capaian ini, Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk ikut ambil bagian menjaga dan memelihara keberadaan aspek penting ini, sehingga pelayanan kebutuhan BBM dapat berkesinambungan. "Kepada pengelola SPBU agar dapat melayani masyarakat sebaik-baiknya dengan menjual BBM sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku," tandasnya. 


Disela waktu,  Pimpinan PT. Pertamina (Persero) melalui pimpinan Cabang Bima Raden Tri Wahyu Sbm, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh instansi vertikal negara yang hadir di tempat ini dalam rangka peresmian SPBU satu harga. 


Ia menyebut, SPBU dengan nomor 56.842.06 ini sudah resmi beroperasi sejak 31 Mei 2021 dan  ini merupakan komitmen dari Pertamina manifestasi dari visi pihaknya untuk terus menyalurkan energi hingga ke pelosok negeri. 


"Ini merupakan perintah langsung dari presiden melalui kementerian ESDM untuk menunjuk daerah yang dinilai masih membutuhkan SPBU dan titik-titik yang memang dibutuhkan pasokan BBM untuk menunjang ekonomi khususnya daerah 3T (terdepan, terluar dan terpencil) yang belum terdapat penyalur yang mengakibatkan adanya harga BBM di luar harga yang ditetapkan pemerintah," jelasnya. 


Diakui Raden Tri Wahyu Sbm, pihaknya juga akan terus membangun di lokasi yang merupakan tulang punggung ekonomi bagi masyarakat. Bahkan memberikan keuntungan bagi masyarakat dan bisa menampung tenaga kerja sehingga membangun nilai ekonomi di Kecamatan Kempo. "Dengan adanya SPBU ini kemungkinan besar  akan  mendukung adanya kegiatan komersial lainnya seperti masuknya minimarket dan lain lain,"  katanya. 


Lanjut Raden Tri Wahyu Sbm, pihaknya juga bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri sebagai bentuk komitmen memperluas jaringan penyalur melalui program  di akhir tahun ini. Ada sebanyak 12.000 lokasi akan beroperasi di Indonesia, khususnya di akhir tahun ini ada sekitar 4 sampai 6 lokasi akan beroperasi dengan biaya yang lebih murah dari SPBU lainnya. 


"Harapan kami juga bisa mengajak masyarakat kecil UMKM untuk bermitra bersama kami menyalurkan energi ke pelosok negeri," terangnya. 




Sebelumnya, pada acara peresmian SPBU satu harga ini, diawali dengan penyambutan tamu penghormatan diiringi lagu daerah Dompu. Pengalungan Syal kepada Bupati Dompu, Pimpinan PT. Pertamina, Wakil Bupati Dompu, Forkopimda, Direktur PT. Rangga Ekapratama Energi. 


Kemudian, acara dilanjutkan dengan Induction Safety dan  menyanyikan lagu Indonesia Raya serta pembacaan Doa. Setelah itu, dilanjutkan dengan peresmian SPBU satu harga oleh Bupati Dompu. Serah terima Cinderamata antara Direktur PT. Rangga Ekapratama Energi, Pimpinan PT Pertamina dan Bupati Dompu. 


Bupati Dompu Kader Jaelani, saat melakukan pengisian perdana BBM di SPBU Satu Harga di Desa Soro Barat


Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar Jufri A.md, Par, saat melakukan pengisian perdana BBM di SPBU satu harga di Desa Soro Barat 


Penandatanganan Prasasti oleh Bupati Dompu dan Pimpinan PT Pertamina (Persero). Pengguntingan Pita bersama Bupati Dompu dan Pimpinan PT Pertamina (Persero) dan acara diakhiri dengan pengisian BBM perdana oleh Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, Pimpinan PT Pertamina (Persero) bersama unsur Forkopimda dan Direktur PT Rangga Ekapratama Energi. RUL