Didampingi Korem 162/WB, BNPB RI Kunker di Dompu

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Didampingi Korem 162/WB, BNPB RI Kunker di Dompu

Selasa, 25 Mei 2021

 

Bupati Dompu Kader Jaelani (mengenakan baju kemeja putih), saat menyambut kehadiran BNPB RI bersama rombongan di Pandopo Bupati Dompu (dok: Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Selasa (26/5/2021) mengunjungi wilayah Kabupaten Dompu. Kehadiran BNPB ini untuk melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dan peninjauan lokasi penanaman bibit tanaman buah Alpukat dan Kelengkeng di Desa Daha Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu. 


Rombongan BNPB RI dipimpin Mayjen TNI (Purn) Komarudin Simanjuntak didampingi beberapa orang anggota BNPB RI yakni Mayjen TNI Purn Wiyarto, Agus Nurwanto, Simon Maruli, Asep Supriatna dan Niki Adrian. Kehadiran BNPB RI ini pun, juga didampingi Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos., SH.,M.Han dan Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Teuku Mustofa Kamal, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom M. Tr ( Han ), Dansub Denpom Bima Kapten Cpm Fajar, Danunit Inteldim 1614/Dompu Letda Inf. Hamzah, Danunit Inteldim 1608/Bima Letda Inf. Husain dan Pa Sandi Kodim 1614/Dompu Letda Inf. Syaifuddin.




Tiba di Pandopo Bupati Dompu, BNPB RI beserta rombongan disambut Bupati Dompu Kader Jaelani didampingi Asisten III Setda Dompu H Gazi Mansuri M.AP, Kepala BPBD Dompu Ir. Jufri,  Kepala BKAD Dompu Muhammad ST, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH S.IK, Wakapolres Dompu Kompol I. Nyamon Adi Kurniawan SH, Kepala BPBD Dompu Bpk. Ir. Jufrin M.Si, Kabag Umum Setda Dompu Adhar S.Sos, Kabag Baprokopim Dompu Muhammad Ikhsan ST, MT dan Sekertaris Dikes Dompu  Maman S.Km serta pejabat lainnya. 




Pada kesempatan ini pun, BNPB RI memaparkan tentang manfaat dan fungsi penanaman Kelengkeng dan Alpukat. "Pembudidayaan tanaman kelengkeng dan Alpukat di wilayah Kabupaten Dompu sangat bagus untuk di kembangkan di segala lahan. Pohon Alpukat dan kelengkeng sangat bagus dan bisa bertahan hidup cukup lama," ungkap Mayjen TNI Purn Wiyarto. 


Selain itu lanjut Mayjen TNI Purn Wiyarto, budidaya tanaman ini sangat cocok untuk Pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Dompu demi menciptakan kemakmuran masyarakat Dompu. "Kami berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Dompu, agar bersama sama bisa menjaga kelestarian hutan karena hutan adalah satu Sumber mata air murni," terangnya. 


Disela waktu, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos., SH.,M.Han, menyampaikan harapan kepada Pemda Dompu untuk memberikan himbauan serta pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat Dompu, agar kedepannya bersama sama menjaga kelestarian hutan. "Jangan lagi ada kegiatan yang merusak hutan yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor," tuturnya.


Danrem 162/WB menyebut, pemerintah pusat bekerja sama dengan Pemda Dompu untuk berupaya melakukan penghijauan kembali dengan cara melakukan penanaman pohon Alpukat dan Kelengkeng di Desa Daha Kecamatan Hu'u. "Kegiatan penanaman pohon tersebut sebagai bentuk kita peduli terhadap kelestarian hutan," jelasnya. 


Disela waktu, Anggota Komisi VII DPR RI Syarifuddin ST, pada kesempatan ini juga menyebut  wilayah Kabupaten Dompu sangat cocok untuk lahan pertanian, terutama untuk tanaman Alpukat dan Kelengkeng. "Ini adalah upaya untuk kemajuan bangsa Indonesia umumnya dan khususnya di wilayah Kabupaten Dompu," katanya. 


Sementara itu, Bupati Dompu Kader Jaelani, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rombongan dari BNPB RI dan lainnya yang menyempatkan untuk hadir  di Kabupaten Dompu dalam rangka Kunker dan memaparkan mengenai tanaman kelengkeng dan Alpukat.Selain itu, Bupati juga menyebut perjuangan Pemerintah Kabupaten Dompu untuk tanaman jagung sungguh sangat luar biasa. 


"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Dompu telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga hutan, sehingga tidak ada lagi hutan yang gundul dan mengembalikan fungsi hutan," terangnya. 


Terlepas dari hal itu tambah Bupati, pihaknya kembali menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada pemerintah pusat khususnya BNPB dan Korem 162/WB serta lainnya yang memberikan kontribusi melalui cara pengolahan lahan untuk penanaman pohon Kelengkeng dan pohon Alpukat. "Semoga apa yang kita harapkan bersama bisa terwujud," tandasnya. 


Berdasarkan informasi dihimpun wartawan Topikbidom.com, Rabu besok (26/5/2021) BNPB RI bersama rombongan dan Pemda Dompu akan menuju wilayah Desa Daha Kecamatan Hu'u. Tujuannya, meninjau lokasi penanaman Alpukat dan Kelengkeng. RUL