Pemulihan Ekonomi dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020, Kodim 1614/Dompu Gelar Apel Danramil dan Babinsa

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Pemulihan Ekonomi dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020, Kodim 1614/Dompu Gelar Apel Danramil dan Babinsa

Selasa, 01 Desember 2020

 

Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom bersama Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH, S.IK (ist/Topikbidom.com)

DOMPU, Topikbidom.com - Kodim 1614/Dompu, Rabu (2/12/2020) menggelar kegiatan apel Danramil dan Babinsa. Kegiatan yang bertema Danramil dan Babinsa siap mendukung Tugas TNI -AD di dalam penanganan Covid -19 dan  pemulihan ekonomi serta mengsukseskan Pilkada serentak  Tahun 2020 ini, berlangsung di Makodim 1614/Dompu. 


Kegiatan yang dipimpin langsung Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.kom dan dihadiri Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH. S.I.K, Pjs Kasdim Kapten Inf. I Ketut Sugra, Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, Sekertaris Dikes Dompu Maman SKM, M.Kes, Devisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari HAZ, SH, seluruh Danramil jajaran Kodim 1614/Dompu, Perwira Staf Kodim 1614/Dompu dan seluruh Babinsa jajaran Kodim 1614/Dompu. 




Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, melalui sambutannya menyampaikan pelaksanaan Pilkada Dompu Tahun 2020 tinggal menghitung hari. Bahkan pelaksanaannya, tentu beda karena saat ini Kabupaten Dompu masih dilanda pandemi Covid-19. 


"Kita diperintahkan untuk membantu penyelenggara dalam hal ini KPU agar pelaksanaan Pilkada tersebut bisa berjalan dengan aman damai dan sehat sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19," ujarnya. 


Dandim menyebut, ada beberapa materi yang akan diberikan atau disampaikan baik dari Polres KPU Bawaslu maupun dinas kesehatan maupun dari Perwira staf yang lainnya nanti akan disampaikan. "Maka itu, saya minta kepada seluruh anggota pada agar disimak arahan oleh para narasumber," terangnya. 


Disela waktu, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH S.IK, juga menyampaikan Dandim para Perwira maupun Babinsa yang telah memberikan kesempatan untuk bersama-sama hadir di Aula Makodim 1614/Dompu. 


 "Dengan semangat yang masih melekat pada diri kita sebagai aparat keamanan yang mempunyai tugas penting selain tugas kesatuan bertugas untuk membantu pemerintah dalam penyelenggaraan kegiatan yang ada di Kabupaten Dompu," ujarnya.


Pada kesempatan ini, Kapolres yang juga mewakili seluruh jajarannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua personil Kodim 1614/Dompu dan jajaran termasuk para Babinsa. 


Diakuinya, selama 11 bulan dan memasuki 12 bulan saya menginjakan kaki di Dompu selama ini sinergitas kerjasama komunikasi dan koordinasi baik di tingkat Kodim, Koramil maupun tiga pilar yang ada di tingkat Desa ini sangat luar biasa. 


"Ini saya rasakan sendiri. Dimana kita disini sangat kuat hubungan kekeluargaan saling membantu, mengisi dan saling memberikan informasi untuk kemajuan daerah Kabupate Dompu umumnya," ungkap Kapolres. 


Ia berharap, mudah-mudahan ini dapat dipertahankan dan dapat  ditingkatkan, apalagi saat ini dihadapkan dengan perhelatan kegiatan Pesta Demokrasi Pilkada di Kabupaten Dompu 2020. 


"Mulai dari tahap pendaftaran, penentuan calon, kampanye dan nanti pada tahap pemungutan suara dan pasca pemungutan suara ini auranya sudah kita rasakan bersama. Situasi Kamtibmas sudah mulai bergejolak situasi baik di Kabupaten dan Desa sudah mulai kita rasakan. Upaya kita bagaimana kita meminimalisir situasi ini dan kita buktikan bahwa kehadiran kita TNI dan polri di tengah-tengah masyarakat  dapat mewujudkan dapat menciptakan suatu situasi Kamtibmas yang kondusif, aman nyaman dan tentram, bahkan sehat," papar Kapolres. 


Lanjut Kapolres, semua memang sudah berupaya semaksimal mungkin terutama  TNI-POLRI dan dinas instansi terkait untuk bisa menyadarkan masyarakat agar paham dan memahami bagaimana virus dan pandemi ini masih berlangsung. Bahkan, sampai saat ini belum ada kejelasan kapan Virus ini berakhir tetapi segala dan upaya sudah  dilakukan bersama.


Kapolres berharap, kepada Babinsa dan bhabinkamtibmas agar suksesnya pelaksanaan pesta Demokrasi pada tanggal 9 Desember khususnya di Kabupaten Dompu bukan hanya sukses dalam penyelenggaraan situasi aman dan kondusif. Tetapi yang lebih penting bagaimana bisa menyadarkan masyarakat untuk datang meningkatkan partisipasi pemilih pada setiap TPS untuk menyalurkan hak suaranya.


"Kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas teruslah mengsosialisasikan agar masyarakat agar datang dan meluangkan waktunya untuk bisa memberikan hal pilihnya di TPS pada 9 Desember Tahun 2020. Mari   sama-sama memberikan pemahaman mewujudkan situasi Kamtibmas yang lebih kondusif di Kabupaten Dompu," ajaknya. 


Disela waktu juga, Devisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari HAZ, SH, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dandim dan Kapolres Dompu yang telah melaksanakan kegiatan seperti ini."Materi yang dibahas pada kegiatan ini terkait penyelenggaraan Pilkada di tahun 2020," ucapnya. 


Kata Swastari HAZ, SH, kehadirannya disini bukan menjadi orang yang lebih tau dari para pihak yang ada disini. Akan tetapi hal ini memang menjadi tugas dan kewajiban pihaknya selaku Bawaslu Kabupaten Dompu untuk menyampaikan informasi terutama mengenai Netralitas TNI-POLRI pada Pilkada Tahun 2020. 


Ia menjelaskan, ketika prajurit TNI yang akan mengikuti pemilu dan Pilkada harus membuat pernyataan mengundurkan diri dari dinas aktif.  "Kalau ada diantara bapak-bapak sekalian ini yang punya niat untuk menjadi calon bupati, wakil bupati dan anggota legislatif, itu boleh boleh saja, tapi harus terlebih dahulu mengundurkan diri. Hal ini sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada," paparnya. 


Mengenai situasi dan keamanan dalam pelaksanaan Pilkada lanjut Swastari HAZ, SH, terutama di wilayah desa dan kelurahan, itu adalah menjadi tanggung jawab aparat keamanan. Salah satu indikatornya, bagaimana aparat keamanan menempatkan diri pada persoalan Pilkada dengan mengkedepankan sikap netral. 


"Netralitas aparat keamanan di dalam Pemilu (Pilkada) itu harga mati. Ketika kami mendapatkan informasi adanya keberpihakan maka dengan tata kerja pengawasan oleh Bawaslu itu di dalam peraturan Bawaslu yang mengatur tentang bagaimana melakukan pengawasan terhadap TNI Polri dan ASN, maka kami akan melakukan klarifikasi kemudian kami akan merekomendasikan kepada Propam maupun ditingkat pimpinan terkait," terangnya. 


Sementara itu, Sekertaris Dikes Kabupaten Dompu Maman SKM, M.Kes, juga menyampaikan Covid-19 dalam istilah Kesehatan yakni virus seribu wajah yang biasa dihadapi selama ini. Ia menyebut, penyakit ini adalah penyakit seribu wajah cara menghindarinya ikuti aturan protokol kesehatan dengan cara cara mencuci tangan dengan sabun maupun menjaga jarak dan memakai masker. "Kami selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat dan dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar tetap mematuhi protokol Covid-19," ungkap Maman SKM, M.Kes. (Rul)