Pilkada 2020, Kesbangpol Dompu Sebut Tingkat Kerawanannya Rendah

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Pilkada 2020, Kesbangpol Dompu Sebut Tingkat Kerawanannya Rendah

Kamis, 26 November 2020

 

Kepala Kesbangpol Kabupaten Dompu Ir. H Fahrurrozi (dok : Topikbidom.com)

DOMPU, Topikbidom.com - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Dompu, memastikan tingkat kerawanan (konflik social) di wilayah Kabupaten Dompu menjelang Pilkada Dompu 9 Desember Tahun 2020, itu sangat rendah. Hal ini berdasarkan hasil data dan pemantauan Kesbangpol yang juga bagian dari tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pilkada. 


Kepala Kesbangpol Kabupaten Dompu Ir. H Fahrurrozi mengungkapkan, berdasarkan data yang diperoleh menyebutkan bahwa Kabupaten Dompu tidak termasuk daerah yang masuk katagori rawan pada Pilkada Tahun 2020. 


"Inilah alasan kenapa kami berani mengatakan tingkat konflik sosial (kerawanan) pada Pilkada sangat rendah," ungkap Ir. H Fahrurrozi, saat diwawancarai di lokasi kantor DPRD Dompu, Kamis (26/11/2020) kemarin.


Ir. H Fahrurrozi menyebut, memang sebelumnya Kabupaten Dompu tempo dulu termasuk daerah zona rawan (merah). Tapi berdasarkan hasil rapat evaluasi (rapat analisa dan evaluasi) kemarin menyatakan, bahwa Kabupaten Dompu keluar dari zona merah. "Itulah data terbaru mengenai status Kabupaten Dompu," jelasnya. 


Apa saja yang dilakukan oleh Kesbangpol, jelang Pilkada tahun 2020 ? 


Kata Ir. H Fahrurrozi, pihaknya selaku bagian dari tim DESK, memantau pelaksanaan dari Pilkada ini. Bahkan setiap tahapan dipantau oleh pihaknya. "Hasil pemantauan kami ini pun, kami laporkan ke tingkat provinsi dan pusat," katanya. 


Ir. H Fahrurrozi menyebut, sejauh ini terutama pada tahapan Pilkada, belum dijumpai atau timbulnya kerawanan di tingkat lapangan. Hanya saja, biasanya yang memicu kerawanan itu interaksi di jejaring sosial (Facebook,red). "Tapi alhamdulillah, hal ini masih bisa diminimalisir," terangnya.


Lepas dari hal itu, Ir. H Fahrurrozi mengimbau kepada seluruh pendukung dan simpatisan para Pasangan calon (Paslon) pada Pilkada ini, agar fokus mengkampanyekan apa yang menjadi program paslonnya masing masing terutama melalui Facebook. "Bukan malah sebaliknya, membuat status Facebook yang kesannya saling menghujat dan lainnya," sarannya.


Tambah Ir. H Fahrurrozi, dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama sama mengsukseskan Pilkada dengan aman, damai dan sukses. "Mari kita jadikan pesta demokrasi ini dengan penuh kedamaian," ajaknya. (Rul)