Polsek Hu'u mantapkan Kampung Sehat dan tingkatkan Cipkon

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Polsek Hu'u mantapkan Kampung Sehat dan tingkatkan Cipkon

Selasa, 29 September 2020
Kegiatan Polsek Hu'u. (ist/Topikbidom.com)


Dompu, Topikbidom.com -  Polsek Hu'u Dompu terus meningkatkan peranannya dalam menggalakan program Kampung Sehat dan meningkatkan Cipta Kondisi (Cipkon). 

Hal ini dilakukan dalam rangka terciptanya lingkungan bersih, menjamin kesehatan masyarakat dan tercukupinya kebutuhan pangan serta meminimalisir penularan Covid-19. 


Seperti halnya yang dilakukan Kapolsek Hu'u, Ipda Kurniawan bersama anggotanya, Selasa (29/9/2020). Pada momentum ini, Kapolsek menyambangi sejumlah desa yang menjadi wilayah binaannya sambil menggalakan program kampung sehat. 


Program kampung sehat yang sebelumnya  dicanangkan Kapolda NTB Irjen Pol Moh Iqbal MH SIK ini sudah sangat familiar ditengah tengah kehidupan masyarakat dan ini berkat upaya kerja keras dalam hal sosialisasi yang dilakukan oleh Polda NTB dan Jajarannya. 


"Kami tetap melakukan pengecekan rutin dua kali dalam seminggu ke desa desa secara bergilir. Hari ini dilakukan di desa Cempi jaya, setiap kali menyambangi desa, kapolsek berinteraksi langsung dengan masyarakat, memberikan semangat dan pemahaman tentang program kampung sehat yang berkorelasi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan juga menekan potensi penularan Covid-19," papar Ipda Kurniawan.


Tidak hanya itu lanjut Ipda Kurniawan, pihaknya juga menekankan kepada bhabinkamtibmas untuk terus bekerja sama dan bersinergi dengan masyarakat dalam mensukseskan program tersebut di desa binaannya masing masing.


Menciptakan lingkungan tempat tinggal yang bersih, terjaminnya kesehatan, tercukupinya kebutuhan pangan serta penanggulangan penularan Covid-19 menjadi topik perbincangan dengan masyarakat.


"Khusus penanganan Covid-19, Kami tetap mengimbau  masyarakat agar mematuhi protokol pencegahan Covid-19 dengan mencuci tangan, menghindari kerumunan, jaga jarak serta tetap memakai masker," jelasnya. 


Lanjut Ipda Kurniawan, ia juga mendorong masyarakat untuk membudayakan menanam, memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman yang bermanfaat. 

Bahkan, pihaknya juga turut serta bergotong royong dengan masyarakat membersihkan lingkungan lingkungan tempat tinggal seperti saluran air dan penertiban tempat pembuangan sampah.


"Program kampung sehat adalah sebuah langkah real dalam menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan membudayakan hidup sehat ditengah masyarakat, saya rasa program ini perlu terus digalakkan. Apa lagi di masa pandemi saat ini yang masih menjadi penanganan bersama, maka ini merupakan salah satu cara untuk menekan penularan Covid-19," terangnya. 


Ipda Kurniawan berharap, semoga dengan adanya program seperti ini bisa menjadi suntikan motivasi bagi masyarakat untuk membudayakan hidup sehat dan juga menciptakan lingkungan hidup yang bersih. 


Menurutnya, jika program ini terus dijalankan, tentu akan segaris lurus dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan juga tercukupinya kebutuhan pangan serta angka penularan Covid-19 tentunya bisa ditekan.


Dilain hal sambung Ipda Kurniawan, kaitan dengan pilkada, ia mengimbau masyarakat agar membantu aparat keamanan dalam hal cipta kondisi yang aman dan tertib serta menjauhi hal hal yang dapat menciptakan instabilitas.


"Beberapa hal yang menjadi penekanan saya agar masyarakat menghindari perdebatan tentang paslon, karena itu sangat sensitif dan berpotensi terjadinya kericuhan, kemudian bagi pengguna media sosial agar lebih bijak menggunakannya, hindari postingan yang memprovokasi maupun ujaran kebencian," tandasnya. (Rul)