Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial, Bulog Dompu Uji Kualitas Beras

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial, Bulog Dompu Uji Kualitas Beras

Selasa, 29 September 2020

 

Kepala Perum BULOG Cabang Bima Sawaludin Susanto bersama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu H. Tajuddin HIR, saat melakukan uji kualitas beras di gudang Bulog Dorotangga Dompu. (ist/Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Perum BULOG Cabang Bima, Rabu (30/9/2020) melakukan uji kualitas beras di gudang Bulog Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu. Hal ini dilakukan, sebagai bentuk persiapan Bulog dalam melaksanakan penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) di Kabupaten Dompu. 


Kepala Perum BULOG Cabang Bima Sawaludin Susanto, mengatakan Bulog bertugas menyediakan beras dengan kualitas medium. Hal ini sebagai bentuk pelayanan terbaik bagi KPM PKH. 


"Itulah alasan kenapa sebelum beras disalurkan dilaksanakan pengecekan kualitas dan kuantitas di Gudang BULOG bersama dengan dinas sosial, pendamping PKH dan OKP di Kabupaten Dompu sehingga menjamin beras yang diterima masyarakat adalah beras sesuai standar medium," jelasnya. 


Sawaludin Susanto menyebut, pada momentum ini disaksikan bersama terhadap kualitas beras, berat beras dan diperkuat lagi dengan Uji Tanak beras dilanjutkan dengan uji coba rasa beras. "Alhamdulillah berasnya enak," katanya. 


Sawaludin Susanto juga menyebut, jumlah beras yang akan disalurkan oleh Bulog Cabang Bima di Kabupaten Dompu untuk program BSB adalah 242.415 Kg (alokasi). "Total kuantum untuk 3 alokasi dari Bulan Agustus sampai dengan Oktober yaitu  727.245 Kg dengan kemasan 15 Kg per karung," jelasnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu H. Tajuddin HIR mengatakan, hari ini (30/9/2020) bantuan tersrbut disalurkan di Kecamatan Hu'u dan Kecamatan Pajo dengan Jumlah Keluarga  Penerima Manfaat (KPM) kecamatan Hu'u 1.074 KPM dan kecamatan Pajo 673 KPM. 


"Selanjutnya kecamatan yang lain menyusul sampai dengan tanggal 5 oktober 2020 dengan total jumlah KPM Se Kabupaten Dompu yaitu 16.161 KPM PKH," paparnya. 


H. Tajuddin HIR menyebut, masing-masing KPM akan menerima 3 alokasi (Agustus sampai Oktober) sekaligus dengan jumlah 45 Kg per KPM. "Beras yang disalurkan merupakan program Bantuan Sosial Beras dari Kementrian Sosial untuk penanggulangan dampak Covid 19 dengan rumah tangga sasaran adalah KPM PKH," terangnya. (Rul)