Pengelolaan Sistem Administrasi Desa Lewat OpenSID, Bupati Bima Apresiasi Kinerja FORSID

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Pengelolaan Sistem Administrasi Desa Lewat OpenSID, Bupati Bima Apresiasi Kinerja FORSID

Minggu, 09 Agustus 2020
(ist/topikbidom.com)

Bima, Topikbidom.com - Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, mengapresiasi kinerja dan kiprah Forum Operator Sistem Informasi Desa (FORSID) Kabupaten Bima, dalam mendukung pengelolaan sistem administrasi desa melalui aplikasi sistem informasi desa (OpenSID) sejak Tahun 2018.

Apresiasi ini, diungkapkan Bupati Bima, saat bertatap muka dengan pengurus FORSID Bima yang dipimpin Ketua Umum
FORSID Bima Ibrahim SE, Minggu (9/8/2020) malam di Pendopo Bupati Bima.

"FORSID telah berperan besar dalam mendukung pengelolaan data kependudukan di Kabupaten Bima. Karena pihak lain juga harus mengetahui lebih banyak peran dan fungsi FORSID. Kami juga diharapkan agar mampu mendukung transparansi pelayanan informasi dana desa," ujar Bupati Bima, yang saat itu juga didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa Kabupaten Bima Tajudin, SH M.Si, Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi Diskominfostik Suryadin S.S. M.Si.

Bupati Bima (ist/topikbidom.com)
(ist/Topikbidom.com)

Sebelumnya, Ketua Umum FORSID Kabupaten Bima Ibrahim SE  menjelaskan, saat ini sudah terdapat 165 desa  yang memanfaatkan Aplikasi OpenSID baik secara online maupun offline. Aplikasi ini, sangat membantu percepatan pelayanan administrasi desa seperti pembuatan surat-menyurat untuk masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat.

"Masyarakat yang memerlukan layanan dapat membawa data yang diperlukan seperti KTP dan surat pengantar dari ketua RT ke kantor desa untuk diproses dan dapat mengajukan permohonan surat secara online yang sudah terintegrasi dengan server yang ada di desa," paparnya.

Ditambahkan Ibrahim SE,
untuk meningkatkan cakupan pemanfaatan aplikasi, FORSID  bermitra dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Kominfostik, Bappeda, Dinas Dukcapil dan KOMPAK. "Hal ini agar seluruh desa di Kabupaten Bima dapat memanfaatkan secara optimal dan mengakses aplikasi OpenSID ini," terangnya. (Rul)