Bupati Dompu Jelaskan Capaian Dikes

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bupati Dompu Jelaskan Capaian Dikes

Jumat, 23 Februari 2024
Bupati Dompu, H Kader Jaelani


Dompu, Topikbidom.com – Bupati Dompu H Kader Jaelani, mengatakan Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu, dari tahun ke tahun terus meningkatkan kinerjanya. Ia, juga menjelaskan upaya pembangunan kesehatan yang sudah dilakukan di Kabupaten Dompu.

 

Hal itu, yakni peningkatan mutu pelayanan kesehatan melalui peningkatan dan standarisasi mutu layanan yaitu akreditasi RSUD Dompu berhasil meraih status akreditasi Paripurna. Akreditasi 10 Puskesmas berhasil meraih status akreditasi Paripurna. Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA) berhasil meraih status akreditasi Paripurna.

 

“Ini menggambarkan upaya dan komitmen kita bersama untuk terus selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kedepannya secara komperensif dan berkelanjutan,” ujar Bupati, melalui sambutannya pada Apel Koordinasi di Lapagan Beringin Kantor Pemda Dompu, Senin (19/2/2024).

 

Selain itu, Kabupaten Dompu terpilih sebagai Kabupaten terinovasi dalam upaya percepatan penurunan stunting melalui kegiatan Pana’a Ndiha pada Forum Koordinasi Stunting dan fasilitasi koordinasi satgas percepatan penurunan stuting tingkat provinsi NTB. Sebagai Kabupaten terbaik ke 3 hasil penilaian kinerja daerah 8 aksi konvergensi stunting dalam upaya percepatan penurunan stunting terintegrasi.

 

Berhasil menurunkan angka prevalensi stunting hingga mencapai 10,89 persen. “Kita sudah melampui target penurunan stunting nasional yaitu 14 persen,” terangnya.

 

Lanjut Bupati, Puskemas Dompu Barat, mendapatkan penghargaan dari Menteri Kesehatan sebagai Puskesmas dengan pengelolaan vaksinasi COVID-19 terbaik di Provinsi NTB. Penyediaan sarana dan prasarana alat kesehatan pendukung dalam penanganan stunting dan kesehatan ibu serta anak. “Hasilnya 10 Puskesmas sudah memiliki alat USG sendiri untuk pemeriksaan ibu hamil dan 445 Posyandu telah memiliki alat Antropomentri untuk pengukuran bayi balita,” tandasnya. Rul/Advertorial