Destinasi Pariwisata Dompu Menurut Miftahul Suadah ST

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Destinasi Pariwisata Dompu Menurut Miftahul Suadah ST

Rabu, 05 Juli 2023

 

Miftahul Suadah ST 

Dompu, Topikbidom.com – Beragam penjelasan dan pandangan mengenai Destinasi Pariwisata di Kabupaten Dompu, terus muncul dipermukaan. Hal ini, menjadi bukti banyaknya perhatian terhadap laju pembangunan dunia pariwisata di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

 

Hal ini, seperti yang diungkap Miftahul Suadah ST (ASN di Kabupaten Dompu), belum lama ini. Melalui video Facebook Miftahul Suadah (Kelompok III PKA I), Ia mengatakan Pantai Lakey Surga Surfing Dunia. Dalam video ini, menjelaskan pihaknya dari Kabupaten Dompu memperkenalkan destinasi pariwisata. Potensi pariwisata sangat beragam dan kompleks di Kabupaten Dompu yakni wisata alam, budaya dan wisata buatan.

 

“Sesuai dengan visi misi dalam RPJMD, pariwisata merupakan salah satu program prioritas pemerintah. Potensi ini, harus didorong perkembangannya karena akan memberikan dampak yang sangat baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

 

Dalam pengembangan industri pariwisata, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan yakni amenitas, atraksi dan aksesibilitas. Apabila, 3 hal penting ini terpenuhi, maka industri pariwisata dapat diprediksi akan tumbuh pesat. Aktivitas pariwisata, memberikan multiplayer efek besar terhadap sektor lainnya. “Kami mengintegrasikan peran pejabat administrator, administrasi pembangunan dalam mendorong kemajuan di sektor pariwisata,” paparnya.

 

Tupoksi utama, adalah melaksanakan koordinasi perencanaan, pengendalian monitoring, evaluasi dan pelaporan. Pada tahapan perencanaan, diarahkan ke pembangunan yaitu di sektor pariwisata dengan melakukan tahapan pemenuhan dokumen, regulasi, maupun dokumen teknis sebagai dasar pembangunan pada suatu destinasi.

 

Adanya regulasi yang mengatur sektor pariwisata, akan memiliki kekuatan secara Hukum dan implementasinya menjadi terikat. Kemudian, dengan adanya perencanaan teknis yang lengkap pemerintah memiliki peluang besar untuk mencari sumber pendanaan di luar APBD II dan dapat membangun destinasi sesuai dengan kebutuhan atraksi wisata yang ada.

 

“Untuk projek strategis dengan lokus obyek wisata akan dilakukan monitoring, evaluasi dengan cara kontinew sesuai pentahapan dalam dokumen teknis kegiatan tersebut,” paparnya lagi.

 

Selanjutnya, proses pelaporan akan mendokumentasikan setiap progress rencana kegiatan pengembangan suatu destinasi, baik itu infrastruktur dari sektor SDM, UMKM, Ekonomi dan sektor lainnya. Kebijakan strategis dalam pengelolaan pariwisata adalah memprioritaskan destinasi yang menjadi kawasan strategis, baik kabupaten, provinsi dan nasional. “Tetap bersinergi baik tahapan perencanaan pembangunan terutama supporting pendanaan,” jelasnya.

 

Kemudian, melaksanakan promosi pariwisata dengan mengadakan kegiatan kegiatan (event), baik berskala lokal, regional dan nasional. Lalu, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata yang akan mendorong UMKM menjadi lebih maju dan kreatif serta menyiapkan hal lainnya di sektor pariwisata. Pembangunan infrastruktur yang memudahkan aksesibilitas menuju destinasi.

 

“Melalui potensi yang akuntabel sebagai ASN yang berintegritas semoga dapat membawa pariwisata lebih maju dan mendorong perekomian Kabupaten Dompu menjadi lebih baik lagi,” tandasnya. RUL