Masyarakat Lingkar Tambang Nyatakan Dukung PT. Sumbawa Timur Mining

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Masyarakat Lingkar Tambang Nyatakan Dukung PT. Sumbawa Timur Mining

Minggu, 26 Desember 2021

 

Perhimpunan Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, saat menyatakan dukungannya terhadap PT Sumbawa Timur Mining (STM) VALE di Kecamatan Hu'u

Dompu, Topikbidom.com - Masyarakat lingkar tambang yang tergabung dalam Perhimpunan Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Minggu (26/12/2021) menggelar pertemuan dan dialog bersama di salah satu cafe di Dusun Finis, Desa Hu'u, Kecamatan Hu'u. 






Pertemuan dan dialog yang dikoordinir Abdullah SH, MH selaku Koordinator, ini selain membahas dan menindaklanjuti adanya isu penolakan keberadaan PT Sumbawa Timur Mining (STM). Juga, menyatakan diri mendukung penuh keberadaan dan kegiatan perusahaan tambang setempat (PT. STM). Acara, ini pun dikoordinir Abdullah SH, MH selaku Koordinator. 


"Sehubungan menindaklanjuti isu penolakan atas hadirnya PT STM -VALE di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu yang dilakukan oleh beberapa kelompok akhir-akhir ini. Penting rasanya bagi kami selaku perhimpunan aliansi masyarakat lingkar tambang mengambil peran untuk menyatukan suara, membangun komitmen dan kesadaran bersama mendukung kehadiran investasi PT STM di Kecamatan Hu'u," ungkap Abdullah SH, MH, saat membuka acara pertemuan dan dialog yang dihadiri puluhan masyarakat lingkar tambang. 


Selain itu, pada momentum ini pihaknya selaku perhimpunan aliansi masyarakat lingkar tambang menentukan sikap dan komitmen dengan meminta serta mendukung PT STM untuk tetap melanjutkan kegiatan dan aktivitas yang berhubungan dengan tahapan Eksplorasi yang sudah dijadwalkan sebagaimana mestinya. 


Pihaknya, juga berkomitmen menjaga keamanan, kenyamanan dan kondusifitas investasi yang dilakukan PT STM di Kecamatan Hu'u.


"Kami juga meminta kepada PT STM untuk tetap memprioritaskan dan memanfaatkan pengusaha-pengusaha, Sumber Daya Manusia (SDM) lokal serta Sumber Daya Alam (SDA) lokal untuk menunjang, membantu aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan eksplorasi dan ekploitasi nantinya," papar Abdullah SH, MH, sembari melanjutkan acara dengan sesi penyampaian tanggapan dan sikap masyarakat lingkar tambang. 


Pada kesempatan ini, berbagai tanggapan dan sikap diungkap oleh masing-masing perwakilan dari berbagai desa di Kecamatan Hu'u. Mulai dari, manfaat kehadiran dan keberadaan PT STM, peningkatan nilai pendapatan ekonomi masyarakat dan kemajuan berbagai pembangunan di Kecamatan Hu'u serta lainnya. 


Menurut mereka (masyarakat lingkar tambang), semenjak hadirnya PT STM seakan mengubah kehidupan masyarakat dan daerah khususnya di Kecamatan Hu'u, menjadi lebih baik. Perusahaan, ini tidak hanya mampu mengakomodir para tenaga kerja lokal, tapi juga mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi perusahaan lokal khususnya di Kecamatan Hu'u. 


"Ini fakta dan realita kontribusi yang luar biasa yang diberikan PT STM untuk masyarakat dan daerah," ungkap salah satu perwakilan masyarakat lingkar tambang. 


Masih menurut masyarakat lingkar tambang, mengenai adanya beberapa orang (kelompok) yang menyatakan dan menyuarakan menolak keberadaan PT STM melalui media sosial Facebook, itu adalah sikap yang tidak masuk akal dan merugikan masyarakat Kabupaten Dompu. 


Padahal, sejak kehadiran PT STM mampu memberikan perubahan kemajuan yang nyata untuk masyarakat dan daerah. "Jangan asal bersuara menyatakan menolak tambang. Sementara fakta di lapangan malah perusahaan ini telah banyak memberikan kontribusi besar," katanya.


Masyarakat lingkar tambang menyebut, berbagai pembangunan fasilitas umum sudah mampu diwujudkan PT. STM untuk membantu masyarakat. 


"Jangan hanya taunya bersuara di media sosial Facebook menyatakan menolak PT. STM. Silakan turun ke lapangan dan melakukan investigasi melihat secara langsung apa saja yang telah diberikan oleh perusahaan ini," jelasnya. 


Diakui masyarakat lingkar tambang, sebelum hadirnya PT STM di Kecamatan Hu'u, pihaknya selaku masyarakat disini (kecamatan Hu'u) kebanyakan bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar Negeri. Tapi, hasil yang didapat dari hasil bekerja diluar Negeri tidak mampu meningkatkan pendapatan ekonomi. 


"Semenjak hadirnya perusahaan ini (PT STM). Kehidupan dan pendapatan ekonomi kami bersama masyarakat lainnya di Kecamatan Hu'u ini mulai meningkat," terangnya. 


Berbicara dampak lingkungan akibat keberadaan perusahaan investasi, ini seperti yang disuarakan kelompok penolak tambang, itu adalah pemikiran yang salah dan tidak masuk akal. Sebab, sampai saat ini tidak ada dampak lingkungan yang timbul akibat aktivitas perusahaan setempat. 


"Berbicara dampak lingkungan, tentu kami masyarakat kecamatan Hu'u yang lebih dulu merasakannya. Tapi, nyatanya sampai saat ini tidak ada dampak lingkungan yang kami rasakan," katanya. 


Mengenai pernyataan kelompok penolak tambah yang menyatakannya keberadaan PT STM hanya memberikan kontribusi untuk masyarakat Kecamatan Hu'u, itu sangat tidak masuk akal dan pemikiran yang salah. 


Padahal, semenjak adanya PT STM masyarakat dan daerah Kabupaten Dompu, ikut merasa manfaat (kontribusi) dari perusahaan setempat. "Jangan hanya pintar bersuara menolak tambang tanpa memiliki dasar, referensi serta data terkait alasan penolakan terhadap tambang," herannya. 


Lanjut masyarakat lingkar tambang,  PT STM masih tahap eksplorasi dan proses tahapan kegiatan mereka masih banyak yang harus dilalui untuk mencapai ke tahap Eksploitasi. Meski demikian, bukan berarti PT STM menyampingkan kepentingan masyarakat dan daerah. 


Sebaliknya, mereka sampai saat ini sudah banyak membantu masyarakat dan daerah. Buktinya, ada banyak tenaga kerja lokal khususnya para perusahaan lokal yang dibantu dan diakomodir PT STM untuk membantu tahapan kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Hu'u. 


"Kalau bersuara menyatakan menolak tambang karena alasan belum diakomodir oleh perusahaan itu. Tentunya, harus mengedepankan sikap sabar. Yang jelas, perusahaan ini (PT STM) akan tetap mengakomodir dan mengutamakan pekerja atau perusahaan lokal yang ada di Kabupaten Dompu. Semua butuh tahapan dan proses," katanya lagi. 


Intinya tambah masyarakat lingkar tambang, pihaknya selaku Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang di Kecamatan Hu'u, akan tetap mendukung dan meminta PT STM untuk terus melanjutkan kegiatannya di Kecamatan Hu'u. 


"Jangan coba-coba merusak masa depan dan harapan kami. Karena keberadaan perusahaan investasi ini sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan daerah," tandasnya. 


Masyarakat Lingkar Tambang, saat membubuhkan tanda tangan diatas kain putih sebagai bentuk sikap mendukung PT STM

Pantauan wartawan di lokasi ini, usai mendengar berbagai tanggapan dan sikap masyarakat lingkar tambang, acara dilanjutkan dengan penandatanganan diatas kain putih oleh masyarakat lingkar tambang sebagai bentuk sikap mendukung PT STM. Selain itu, juga pernyataan bersama masyarakat lingkar tambang menyatakan mendukung penuh keberadaan PT STM di Kecamatan Hu'u. 


Diakhir acara, ini pun masyarakat lingkar tambang menaruh harapan kepada Pemda Dompu, untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada para kelompok yang menyatakan menolak keberadaan PT STM, tentang kontribusi apa saja yang telah mampu diwujudkan oleh perusahaan investasi ini selama berada di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu. RUL