RSUD Dompu Peringati HKN Ke-59 Tema Tranformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

RSUD Dompu Peringati HKN Ke-59 Tema Tranformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

Minggu, 12 November 2023
Pihak RSUD Dompu, saat memperingati HKN Ke-12 Tahun 2023


Dompu, Topikbidom.com - Jajaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dompu, Minggu (12/11/2023) menggelar jalan sehat dan senam bersama di Car Free Day. Kegiatan ini, dilakukan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang Ke-59 Tahun 2023. 


Direkrut RSUD Dompu, dr Fitratul Ramadhan Sp.P, mengatakan kegiatan ini dalam rangka memperingati HKN yang Ke-59 tahun 2023. HKN, kali ini berlangsung dengan tema Tranformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju. kegiatan ini, pun diikuti segenap Manajemen dan Civitas Hospitalia. Kegiatan utama Jalan Sehat dari Pendopo, kemudian dilanjutkan senam bersama di areal Car Free Day setempat.








"Pada momentum ini, Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI) RSUD, pun menyerahkan Bantuan Sosial pada salah satu sekolah Swasta berbasis Agama dan Kejujuran, SMK Islam Creative We Save Dompu," ungkapnya. 


Ia, pun menjelaskan HKN dengan tema transformasi kesehatan untuk Indonesia Maju, bisa dihayati dengan proses atau pelayanan kesehatan perlu disesuaikan dengan perkembangan jaman, inovasi kesehatan perlu di tingkatkan dengan pemenuhan SDM yang sesuai standar dan kualitas beserta sarana dan prasarana pendukungnya. 


Terpenting dari transformasi itu, bagaimana mencegah orang sehat tidak menjadi sakit, orang sakit ringan tidak menjadi berat. Begitu, pun sakit berat tidak menjadi lebih berat lagi peran dari Rumah Sakit berada pada posisi pencegahan sakit ringan-sedang ke Berat. 


"Tentunya untuk semua itu perlu peran serta yang baik, antara Tenaga Medis, Pasien dan Keluarga Pasien, karena pada dasarnya transformasi kesehatan sudah tidak terpusat ke Tenaga medis saja melainkan ada peran dari segala lini, terutama di Pasien itu sendiri," paparnya. 


Sementara itu, Kasubag Humas RSUD Dompu Muhammad Iradat S.Gz, juga mengatakan muara dari Hari Kesehatan Nasional salah satunya, adalah membudayakan pola hidup sehat, meninggalkan pola hidup tidak sehat. 



"Semua ini nantinya akan membantu masyarakat Indonesia mendongkrak grafik Angka Harapan Hidup (AHH) Nasional," tandasnya. RUL/$