Kembali Tanam Terumbu Karang Bukti Kepedulian PT SMS Jaga Ekosistem Laut

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Kembali Tanam Terumbu Karang Bukti Kepedulian PT SMS Jaga Ekosistem Laut

Kamis, 24 Agustus 2023
PT SMS bersama pihak lainnya, saat melakukan penanaman terumbu karang 


Dompu, Topikbidom.com - Meski PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) adalah perusahaan yang bergerak pada bidang perkebunan dan pengolahan tebu, tapi perhatiannya terhadap kelangsungan kondisi alam termasuk ekosistem laut, itu sangat luar biasa dan patut diacungi jempol.


Hal itu, terbukti sampai saat ini PT SMS yang sudah sejak lama mendirikan pabrik dan lainnya di wilayah Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, terus fokus untuk mengarahkan kegiatan dan aktivitasnya menjaga kelangsungan hidup Terumbu Karang di wilayah laut setempat. Untuk tahun ini bertempat di Pantai Calabai, Rabu (16/8/2023) setelah sebelumnya di Pantai Doropeti. 


Apa yang dilakukan perusahaan yang sudah banyak memberikan kontribusi untuk masyarakat dan daerah ini, selaras dan sejalan dengan program Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan juga pemerintah daerah dalam menjaga kelangsungan hidup Terumbu Karang demi kelangsungan hidup ekosistem laut. 


Apalagi, diketahui pemerintah telah membangun sekira 22 juta hektare kawasan konservasi laut yang tersebar di seluruh perairan Indonesia yang dikelola secara langsung  oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan juga pemerintah daerah.


Hal ini, bentuk keseriusan pemerintah dalam mengatasi  kerusakan di berbagai kawasan perairan Indonesia yang tentunya menjadi ancaman serius terhadap kondisi terumbu karang. Sebab, terumbu karang membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan untuk bertumbuh sepanjang 1 cm.




Operation Vice President PT SMS, Syukur HK, mengatakan PT SMS sebagai perusahaan gula yang ada di NTB, khususnya di Dompu, Kecamatan Pekat, ini sejak tahun 2021 hingga saat ini selalu berupaya mengambil peran betapa pun kecilnya dalam rangka menjaga keberlangsungan ekosistem laut, sehingga tetap terjaga dan memberi manfaat sebesar besarnya bagi para nelayan sebagai nafkah keseharian mereka di teluk Saleh. 


"Melalui program kepedulian laut ini kami mencoba untuk melakukan transplantasi terumbu karang ini agar ekosistem tetap bagus dan hasil yang bisa dinikmati oleh nelayan bisa lebih baik," ujarnya. 




Ia, menyebut meski lingkup kegiatan transplantasi ini masih kecil, tapi perusahaan mengupayakan untuk selalu konsisten setiap tahunnya dengan harapan semoga ekosistem di daerah  ini semakin baik dan terawat, sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat di daerah kecamatan pekat ini. 


"Harapannya keberadaan PT SMS bisa menjadi pusat ekonomi masyarakat di Kecamatan Pekat ini khususnya di Kabupaten Dompu karena sumber protein yang paling banyak sebenarnya ada di laut," jelasnya. 


Disela waktu, Manajer External Relation (Humas) PT. SMS, Muhammad Haryanto, juga mengatakan fakta yang terjadi saat ini yakni adanya _massif destructive fishing_  (penangkapan ikan secara besar besaran) tentu saja tidak ramah lingkungan, sehingga mendorong pihaknya selaku PT SMS untuk tetap konsisten melakukan kegiatan pemerintah ini. 


"Inilah bentuk komitmen dan tanggung jawab kami untuk ikut menjaga keberlangsungan hidup yang harmonis yang sebisa mungkin nihil kerusakan. Jadi ini bukan tanggung jawab pemerintah semata, bukan tanggung jawab DKP atau DLH, tapi di pundak kita semua sehingga anak cucu di masa depan masih bisa menikmati hidangan terbaik berupa persembahan dari akuarium dunia yakni di Teluk Saleh ini," paparnya. 


Lalu apa tanggapan pemerintah daerah?


Kabid Perikanan Tangkap dan Pengelolaan Ruang Laut, Pesisir Pantai dan Pulau pulau kecil Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Dompu, Nurkumala S.Pi,  berharap semoga apa yang dilakukan hari ini akan berkembang seperti apa yang diharapkan. 


Pada momentum ini, dirinya mewakili DKP Dompu juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PT SMS atas kepeduliannya terhadap isu kelautan di wilayah ini. "Apa yang dilakukan PT SMS sangat luar biasa dan sangat membantu tugas serta pesan pemerintah," ungkapnya. 


Lanjut Nurkumala, pihaknya ke depan akan mengajak PT SMS untuk ikut melihat Apartemen Ikan yang dibuat DKP Dompu yang berlokasi di wilayah Kecamatan Kempo, dimana bahannya dibuat dari plastik ramah lingkungan. 


"Alhamdulillah dengan adanya apartemen tersebut, banyak jenis ikan yang kini mulai berkembang. Kami berharap PT SMS tidak berhenti dukungannya tapi makin ditingkatkan," harapnya. 


Kabid Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu Andi Bahtiar, juga menjelaskan PT SMS selama ini sangat peduli dengan dengan lingkungan. 


Kata dia, Meski PT SMS tidak kaitan dengan laut karena bergerak di bidang perkebunan, tetapi kontribusi nyata terlihat jelas. "Perhatian dan peran PT SMS untuk ikut menjaga ekosistem laut sangat luar biasa. Bahkan ini tahun ketiga kegiatan penanaman terumbu karang," jelasnya. 


Lebih jauh, Ia berharap kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan setiap tahunnya, guna mewujudkan hasil di masa kedepannya. Maka itu, pihaknya selaku DLH mengapresiasi apa yang dilakukan PT SMS. 


"Terimakasih PT SMS sudah ikut menjaga keberlangsungan ekosistem laut. Selain itu PT SMS sekarang sudah membangun fasilitas pengolahan limbah yang yang cukup besar. Kami dari Dinas Lingkungan Hidup selalu memantau pengolahan limbahnya. Sejauh ini masih aman karena air limbah dari PT SMS langsung diolah dan digunakan kembali," terangnya. 


Sebagaimana diketahui, kegiatan penanam terumbu karang adalah kegiatan yang intens setiap tahun dilakukan PT. SMS. Kegiatan ini, pun diikuti oleh para pimpinan dan manajer PT SMS, pihak DKP Dompu dan DLH Dompu dengan ikut mengikat terumbu karang di media yang sediakan sebanyak 50 media. Kemudian, diserahkan kepada penyelam untuk dirawat di dalam wilayah konservasi. RUL/*