Soal Asintan Bantuan Tahun 2022, Wabup Dompu: Itu tidak ada kaitannya dengan saya

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Soal Asintan Bantuan Tahun 2022, Wabup Dompu: Itu tidak ada kaitannya dengan saya

Jumat, 19 Mei 2023
Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan, ST MT


Dompu, Topikbidom.com -  Wakil Bupati (Wabup) Dompu, mengaku geram terhadap isu yang mengatakan dirinya menguasai Alat Mesin Pertanian (Alsintan) jenis Combine (mesin pemotong padi) Bantuan Tahun 2022. Padahal, Alsintan itu tidak ada kaitan dengan dirinya.


"Saya tidak ada kaitan dengan bantuan itu (combine/mesin pemotong padi). Apalagi,  saya menguasai bantuan tersebut," ungkap Wabup Dompu, H Syahrul Parsan ST MT, saat dikonfirmasi media ini di ruang kerjanya, Jumat (19/5/2023). 


Diakui Wabup, saat itu dirinya di hubungi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Dompu. Dimana, saat itu yang bersangkutan menanyakan apakah mengenal Usman warga Desa Kareke, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. Lalu, dirinya menjawab kenal dekat dengan Usman. 


Lanjut Wabup, Kepala Distanbun kembali memberitahukan bahwa Usman  (Ketua Kelompok Lahan Sawah Foo Mpongi II Desa Kareke), mendapat bantuan satu unit Combine (mesin pemotong rumput) tahun 2022. "Setelah diberitahu oleh yang bersangkutan (Kepala Distanbun Dompu) baru saya tau mengenai adanya bantuan itu dan Alsintan itu bersumber dari bantuan pusat (APBN)," jelasnya. 


Kemudian, setelah alat itu tiba di Kabupaten Dompu, Usman meminta bantuan untuk menyimpan alat itu sementara (1 hari) di kebun Wabup, tepatnya di wilayah Desa Karake. Wabup, pun mengiyakan permintaan Usman. "Itulah cerita singkat mengenai alsintan itu dan saya tidak ada kaitannya dengan bantuan itu," terangnya. 


Apakah pernah menggunakan Combine (mesin pemotong padi) bantuan itu untuk memotong Padi di lahan sawah milik Wabup?


Diakui Wabup, mesin itu (combine) pernah dipakai untuk memotong padi di lahan sawah miliknya. Tapi, mesin itu tidak digunakan secara cuma-cuma, melainkan Wabup membayar biaya sewanya kepada Usman. "Saya bayar biasa sewanya dan saya bayar ke Usman selaku Ketua Kelompok Lahan Sawah Foo Mpangi II Desa Kareke," jelasnya lagi. 


Lebih jauh, Wabup menegaskan bahwa Combine itu merupakan hak kelompok Lahan Sawah Foo Mpangi II Desa Kareke. "Jika ada yang mengatakan saya menguasai Alsintan tersebut, itu tidak benar karena saya tidak ada kaitannya dengan bantuan itu," tegasnya. RUL