Bupati Hadiri Pembukaan Poprov XI NTB dan Beri Semangat para Atlet

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bupati Hadiri Pembukaan Poprov XI NTB dan Beri Semangat para Atlet

Minggu, 19 Februari 2023
Bupati Dompu H Kader Jaelani (dokumen Prokopim Setda Dompu)


Dompu, Topikbidom.com – Selain menghadiri undangan Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tingkat Nusa Tenggara Barat ke XI tahun 2023, Bupati Dompu H Kader Jealani didampingi Ketua TP-PKK Dompu Lilis Suryani, juga memberikan semangat secara langsung kepada para Atlet Kabupaten Dompu, agar mampu mencetak prestasi pada ajang pekn olahraga.

 

Pembukaan Pekan Olahraga yang berlangsung di Lapangan Sangkareang Kota Mataram, Sabtu (18/2/2023), ini dibuka secara langsung Wakil Ketua Umum (Waketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. Pada kesempatan ini, juga hadir Gubernur NTB didampingi Ketua TP-PKK Provinsi NTB, Anggota DPR RI NTB, Forkopimda NTB, Anggota DPRD NTB, Bupati/Wali Kota serta Ketua maupun Anggota DPRD kota - kabupaten se-Provinsi NTB.

 

Wakil Ketua Umum (Waketum) I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Mayjen Purn Suwarno, melalui sambutannya mengatakan Provinsi NTB merupakan salah satu daerah penyuplai stok atlet Nasional yang mengharumkan Indonesia di kancah Internasional seperti Zohri dan Maria Londa. “Provinsi NTB juga merupakan sumber atlet berprestasi, khususnya di Atletik, Voli Pantai, Tarung Drajat, Wushu dan beberapa Cabor lainnya,” ungkapnya.

 

Ia menyakini, provinsi NTB akan menoreh prestasi gemilang pada gelaran PON 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara dengan jumlah 64 Cabor yang akan dipertandingkan. “Saya meyakini akan muncul atlet-atlet berpestasi baru, seperti di Cabor Pacuan Kuda, Dansa, Selancar Ombak, dan Paralayang,” katanya.







Menurutnya, Porprov XI NTB merupakan langkah awal perkembangan olahraga di NTB, pasalnya tahun 2028 NTB bersama dengan NTT akan menjadi tuan rumah.“Gelaran ini, akan menjadi langkah awal menguji kematangan para atlet menuju PON tahun 2028 dan semoga kedepan memberikan kontribusi dalam menyumbangkan atlet-atlet terbaiknya untuk Indonesia di ajang internasional,” jelas Suwarno, yang saat itu membuka secara resmi Porprov NTB ke XI Tahun 2023.

 


Poprov XI NTB Tahun 2023 Diikuti 4.690 Atlet dan Ofisial dari 10 Kabupaten-Kota di NTB?

 

Ketua KONI NTB Mori Hanafi, SE., M.Com, mengatakan gelaran Proprov XI NTB tahun 2023 diikuti sebanyak 4.690 atlet dan ofisial dari 10 Kabupaten-Kota di NTB dan akan berlangsung dari tanggal 18 sampai 26 Februari 2023 dengan jumlah 475 Nomor Pertandingan dari 35 Cabor. “Kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB dan Walikota Mataram sebagai tuan rumah,” jelasnya.

 

Gelaran Porprov XI di NTB kali ini, menjadi pertaruhan sejauh mana NTB mampu menyelenggarakan ajang olahraga bergengsi, apa lagi NTB bersama NTT akan menjadi tuan rumah PON di tahun 2028 mendatang. “Terima kasih kepada semua pihak dan kepada para atlet selamat berjuang dan jaga sportifitas,” ujarnya.

 

Sementara itu, Gubernur Provinsi NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, juga mengatakan gelaran Porprov NTB merupakan bentuk penghargaan bagi seluruh atlet dan bentuk solidaritas serta persaudaraan para atlet NTB untuk mempersiapkan diri menghadapi PON 2028.

 

Gubernur berharap tidak akan ada ketegangan saat bertanding dan sportivitas haruslah menjadi hal utama yang dijunjung. “Warisan terbesar dan utama dari hadirnya Porprov yakni bukan sekedar medali emas, medali perak, atau pun medali perunggu. Tapi warisan terbesar adalah persahabatan dan persaudaraan,” ujarnya.

 

Menariknya, paca acara Opening Ceremony pembukaan Porprov NTB ke XI berlangsung meriah da aman, diawali dengan pawai seluruh atlet di 10 kota-kabupaten, dilanjutkan dengan penampilan Baronsai, tarian kolosal dan penyulutan api Porprov oleh salah satu atlet atletik kebanggaan NTB dan diakhiri dengan menyuguhkan hiburan band lokal Lombok yang bertujuan untuk menyemangati para patriot olahraga Kabupaten-Kota yang membela daerahnya di Porprov XI. RUL/$