Masalah Kayu Sonokeling, Ini Tanggapan Kapolres Dompu

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Masalah Kayu Sonokeling, Ini Tanggapan Kapolres Dompu

Selasa, 31 Januari 2023

 

Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat SIK (dokumen topikbidom.com)


Dompu, Topikbidom.com – Aktivitas pengangkutan kayu Sonokeling diduga Illegal di wilayah Kabupaten Dompu, akhirnya disikapi secara serius Polres Dompu. Polres Dompu, tidak akan tinggal diam dan tetap memproses para pelaku sesuai dengan aturan Hukum yang berlaku.

 

Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat SIK, mengatakan proses Hukum tetap berjalan sesuai aturan dalam memproses kasus pengakutan kayu Sonokeling secara Illegal di wilayah Kabupaten Dompu. “Kami tetap komitmen dalam menjalankan tugas dan tanggujawab, termasuk masalah kayu Sonokeling illegal,” ujarnya, saat dikonfirmasi di kediamannya (Rumah Dinas Kapolres), Selasa (31/1/2023).

 

Lalu bagaimana tanggapan Kapolres Dompu, terhadap adanya dugaan penebangan dan pengakutan kayu Sonokeling secara illegal di Kawasan (Hutan) wilayah Desa Woko dan lainnya di Kabupaten Dompu?

 

Kata Kapolres, pihaknya tetap menjalankan fungsi penegakan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab. Apalagi, penindakan terhadap kasus itu perlu melibatkan semua komponen. “Kalau mau diberantas perlu ada gerakan semua pihak dan tidak hanya Polres saja,” tegasnya.

 

Sepengetahuan Kapolres, aktivitas mengenai masalah kayu Sonokeling di wilayah setempat, murni dilakukan masyarakat. Bahkan, aktivitas itu sudah menjadi mata pencahrian masyarakat. “Para pembeli kayu itu kabarnya membeli langsung kayu-kayu Sonokeling secara langsung di Masyarakat. Itulah kenapa saya bilang mengenai sonokeling sudah menjadi mata pencahrian masyarakat,” ungkapnya.

 

Menurut Kapolres, mestinya Moratorium mengenai penebangan kayu di NTB, jangan dicabut guna mengantisipasi masalah illegal logging. “Mestinya aturan (Moratorium,red) jangan dicabut, tapi sayangnya malah dicabut kembali,” katanya.

 

Terlepas dari hal itu, pihaknya selaku Polres Dompu tetap komitmen dalam memproses kasus pengakutan kayu Sonokeling secara illegal (tidak memiliki dokumen-dokumen yang sah). “Kami tetap komit dalam penegakan supermasi Hukum,” tandasnya. RUL