Pemda Akan Segera Wujudkan Vocational untuk Generasi Dompu

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Pemda Akan Segera Wujudkan Vocational untuk Generasi Dompu

Jumat, 25 November 2022
Foto Ilustrasi 

Dompu, Topikbidom.com - Pemda Dompu, dalam waktu dekat akan segera mewujudkan pendidikan vocational (keahlian) untuk lulusan SMA, SMK dan lainnya yang ada di Kabupaten Dompu. Hal ini, sebagai bentuk keseriusan dan komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan Dompu Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (Mashur). 


Informasi ini, disampaikan Kapala Bagian Kerjasama Daerah Setda Dompu, Muhammad Iksan S.ST., MM, Kamis (24/11/22) lalu. "Mewujudkan harapan terbangunnya pendidikan tinggi vocational yang menjadi dambaan seluruh masyarakat Dompu, sudah dilakukan beberapa kali rapat, baik teknis maupun koordinasi dengan melibatkan pihak terkait," ungkap Iksan. 


Ia menyebut, berbagai persiapan dan langkah yang dilakukan pemerintah tentunya  mendorong percepatan dibangunnya lembaga pendidikan dimaksud, sehingga secepatnya dapat  menampung tunas muda daerah. 

Program Pendidikan Vocational, ini berjenjang diploma empat (D-4), dengan 3 Program Studi yaitu Program Studi Agribisnis Pertanian, Program Studi Agribisnis Perikanan Tangkap dan  Program Studi Budidaya serta Teknologi Pengelolaan Pakan. 


Lanjut Iksan, lembaga pendidikan vocational yang dilaksanakan bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin Makasar. Universitas Hasanuddin Makasar akan menjadi pengampu  pendidikan vocational yang berlangsung yang diawali dengan pengiriman mahasiswa tugas belajar yang akan direkrut sekitar bulan Januari dan Februari Tahun 2023. 


"Pendidikan yang diadakan nantinya berlokasi di area Pondok Pesantren daerah di Desa Kampacimeci Kecamatan Manggelewa," jelasnya. 


Tambah Iksan, sebelumnya telah dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) membahas mengenai pendidikan yang dipimpin langsung Wakil Bupati, H Syahrul Parsan ST MT. Dalam rakor kemarin, juga dihadiri (diikuti)  Kaban Bappeda dan Litbang, Kadis Dikpora, Pejabat Kemenag yang mewakili Kapala Kantor Kemenag Dompu dan Camat Manggelewa. Hadir juga, Kades Kampacimeci, Ketua Pondok Pesantren Daerah dan juga dihadiri ketua dan Kepala Ponpes Yayasan Al-Ijtihad serta Ketua PC NU Dompu, diwakili sekretaris PC  NU Dompu.($)