Dompu Miliki Sejuta Potensi Keindahan Alam

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Dompu Miliki Sejuta Potensi Keindahan Alam

Minggu, 03 Januari 2021

 

Inilah bukti keindahan Bukit Sultan di lingkungan Dorompana Kelurahan Kandai Satu Kabupaten Dompu, pada malam hari (ist/ Topikbidom.com)


DOMPU, Topikbidom.com - Dompu adalah Kabupaten yang terletak di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Walau daerahnya kecil dan hanya memiliki 8 Kecamatan, tapi Kabupaten ini menyimpan sejuta potensi keindahan alam yang sangat luar biasa. Hal itu terbukti, baru baru ini potensi keindahan alam itu terungkap di lingkungan Dorompana, Kelurahan Kandai Satu, Dompu NTB. Lokasi yang dikenal dengan sebutan Bukit Sultan menyuguhkan keindahan pemandangan alam yang sangat indah. 


Pemandangan yang indah ini pun, tidak hanya terpancar pada pagi, siang dan sore hari. Akan tetapi, pada malam hari pun pemandangannya lebih terpancar oleh sinar sinar rembulan dan cahaya lampu penerang. 








Keindahan diatas bukit Sultan ini pun, pertama kali terungkap berkat kerja keras dan kreasi para pemuda di lingkungan Dorompana  Kelurahan Kandai Satu yang menata lokasi ini hingga lebih menarik dan sangat indah. Tidak hanya itu, lokasi ini pun kerap kali dikunjungi oleh warga Kabupaten Dompu untuk sekedar foto foto sambil menikmati panorama keindahan alamnya. 


Sebagai bentuk rasa syukur atas keberadaan ciptaan Tuhan ini pun, para pemuda di kelurahan setempat langsung melaksanakan acara Dzikir dan Doa bersama. Kegiatan ini dilaksanakan, Kamis (31/12/2020) malam tepatnya menyambut pergantian tahun dari 2020 menuju tahun 2021.


Kegiatan dzikir dan doa di atas Bukit Sultan menyambut pergantian tahun



Pada kegiatan ini, tidak hanya dihadiri oleh masyarakat dan pemerintah kelurahan. Akan tetapi, juga hadir anggota DPRD, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dompu serta lainnya. 


Seperti apa tanggapan Kepala Disbudpar Dompu terhadap keindahan Bukit Sultan ?


Pada sejumlah wartawan,  Khairul Insyan, MM (Kepala Disbudpar Dompu) mengaku aura keindahan Bukit Sultan sungguh sangat luar biasa. Ia juga mengaku  sangat mengagumi suasana Bukit Sultan karena diatasnya terlihat dengan jelas keindahan bumi yang bermotokan Nggahi Rawi Pahu. 


Selain mengapresiasi sikap warga dorompana yang lebih memilih mengadakan kegiatan Dzikir dan Shalawat di atas Bukit Sultan dari pada berhura-hura dalam perayaan malam pergantian tahun, juga mengaku bangga pemuda Dorompana yang kreatif yang menciptakan nuansa wisata sejarah yang juga beriringan nuansa religius disini.  


"Saya nggak menyangka ternyata diatas bukit sultan ini, sangat luar biasa keindahannya," ungkap Khairul Insyan, MM yang biasa disapa H Mpera, dilangsir dari laman Berita11.com


Sebagai seorang yang berada dalam lingkup pemerintahan Kabupaten Dompu membidangi mengenai pariwisata di wilayah daerah ini, H Mpera berjanji akan mengusulkan agar bagaimana 

kegiatan yang bernuansa Islam (Dzikir dan Doa bersama) seperti itu dijadikan satu rangkaian utama dalam kegiatan tahunan seperti hari ulang tahun Dompu. 


Meskipun item itu, hanya ditetapkan dalam peraturan baik di tingkat Kelurahan, Bupati atau peraturan Daerah."Mudah-mudahan ini menjadi sebuah agenda tahunan. Misalnya, pada perayaan hari ulang tahun Dompu setiap tanggal 11 April.  In Sha Allah, akan kami usulkan, tempat ini untuk menjadi tempat ziarah setiap tahun oleh tokoh agama, tokoh pejabat dan tokoh agama," katanya. 


Selain itu lanjut H Mpera, dirinya memberikan dorongan dan motivasi untuk para pemuda, bukan hanya di lingkungan Dorompana saja, akan tetapi di seluruh Kabupaten Dompu agar terus menciptakan nuansa baru apalagi tempat yang memiliki jejak sejarah seperti di Bukit Sultan Syamsuddin.


"Semoga kreatif dan inovasi yang ditunjukan pemuda dorompana  sebagaimana yang kita saksikan ini juga diikuti oleh pemuda-pemuda di tempat lain sehingga menjadi tujuan wisata yang tidak hanya masyarakat lokal saja yang merasakan, tetapi juga akan menjadi viral dan menjadi spot destinasi untuk Kabupaten Dompu," harapnya sembari menutup penyampaianya.




Dae Eko dan Dae Omi (pasangan suami istri) warga Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, saat menikmati langsung keindahan alam diatas bukit sultan (ist/ Topikbidom.com)


Lokasi Bukit Sultan Dorompana Kelurahan Kandai Satu ini pun, sampai saat ini kerap kali menjadi lokasi yang banyak dikunjungi oleh warga di wilayah Kabupaten Dompu. Mereka menyaksikan secara langsung bagaimana panorama dan keindahan alam diatas bukit sultan ini. (Rul)