Penarikan Retribusi Ternak, Disnakwan Dompu Hasilkan PAD Ratusan Juta Per-Tahun

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Penarikan Retribusi Ternak, Disnakwan Dompu Hasilkan PAD Ratusan Juta Per-Tahun

Rabu, 26 April 2023
Koordinator Pengawasan Lalu Lintas Ternak Pos I Kecamatan Dompu, Muhammad Safei S.Pt


Dompu, Topikbidom.com -  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Dompu, mampu menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dompu mencapai Ratusan Juta Per-tahun. PAD ini bersumber dari hasil penarikan retribusi ternak antar pulau dan antar provinsi di Kabupaten Dompu. 


Koordinator Pengawasan Lalu Lintas Ternak Pos I Kecamatan Dompu, Muhammad Safei S.Pt, pada sejumlah media membenarkan nilai PAD dari hasil retribusi ternak mencapai Ratusan Juta pertahunnya. "Iya, itu benar dan nilainya PAD-nya berkisar seperti itu," ungkapnya, Kamis (27/4/2023).


Pos I Kecamatan Dompu


Berbicara tugas, sesuai dengan keputusan Bupati Dompu Nomor 800/88/Disnakwan/2023 tentang penetapan Pos Pengawasan Lalu Lintas Ternak dan Produk Ternak Kabupaten Dompu Tahun 2023. Dimana, Pos I memiliki untuk melakukan pengawasan lalu lintas ternak, baik yang datang dari Sumbawa menuju ke Bima atau dari Bima ke luar daerah (antar pulau dan antar provinsi). 


"Tugas kami melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kendaraan pengangkut ternak beserta ternaknya," jelasnya. 


Selain itu, pihaknya juga melakukan penarikan retribusi sebesar Rp. 42 ribu per-ekor. Retribusi ini, merupakan sumber PAD Dompu. "Itulah biaya retribusi yang kami tarik di Pos per-ekornya," terangnya. 


Lanjut Safei, setiap hari jumlah ternak itu bervariasi yakni 7 sampai 14 Ekor ternak Sapi, Kerbau dan Kuda per-Harinya. "Hasil penarikan retribusi langsung kami setor setiap hari," jelasnya lagi. 


Berapa PAD yang mampu dihasilkan di Pos I Kecamatan Dompu Per-tahunya? 


Kata Safei, kalau khusus Pos I itu mencapai Rp.100 lebih juta per-tahun. Belum lagi, PAD yang disetor Pos II Manggelewa dan Pos III Kilo. "Artinya pertahun mencapai Ratusan Juta Pertahun," terangnya lagi. 


Kata Safei, tugas pengawasan dan lalu lintas ternak ini dilakukan mulai pagi hingga tengah malam (1x24 jam). "Kami ini dibawah kendali secara langsung oleh Disnakwan Dompu," tuturnya. 


Tambah Safei, pendapatan PAD dari hasil retribusi ternak sangat luar biasa. Bahkan, nilainya sangat besar pertahunnya. "Ini sangat luar biasa dan menguntungkan untuk daerah kita tercinta," tandasnya. RUL/ADVERTORIAL