PT Sumbawa Timur Mining Bantu Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Desa Marada

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

PT Sumbawa Timur Mining Bantu Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Desa Marada

Jumat, 24 Maret 2023


Dompu, Topikbidom.com - PT Sumbawa Timur Mining (STM), terus memberikan perhatiannya untuk membantu masyarakat khususnya di Kecamatan HU'u, Kabupaten Dompu. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan ini, kembali membuktikan perhatiannya dalam hal memberikan (menyerahkan) bantuan berupa Sumur Bor dan fasilitas pembentukan kelembagaan pengelola air bersih untuk masyarakat Desa Marada, Kecamatan HU'u. 


Sikap kepedulian sosial PT. STM ini, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, sehingga bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan secara maksimal dan dikelola dengan baik serta berkelanjutan. 


Penyerahan sarana dan fasilitas air bersih ini, pun dilakukan Didit Susiyanto mewakili manajemen PT STM kepada Camat Hu'u, Muhammad Iswan, SKM di lokasi sumur bor dalam Dusun Ompu Mbeka, Desa Marada Kecamatan HU'u. 





Pada momentum ini, juga hadir  Kepala Desa Marada, Abdullah Idris dan Pengelola Air Bersih Desa Marada, Sudirman bersama tokoh pemuda dan warga setempat."Penyerahan fasilitas sumur bor air bersih ini merupakan bentuk salah satu komitmen PT STM untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat melalui program pemberdayaan," ungkap Didit Susiyanto, mewakili menajemen PT STM. 


Ia berharap, semoga fasilitas sumur bor air bersih ini dapat mengatasi masalah akses air bersih warga Desa Marada. "Sekarang airnya sudah ada dan  sarananya juga sudah ada. Yang dulu mungkin mencari air cukup jauh, sekarang sudah bisa didistribusikan ke rumah - rumah,” jelasnya. 


Lanjut Didit Susiyanto, melalui pembangunan fasilitas sumur bor air bersih ini masyarakat dapat memberikan dukungan terhadap keberadaan PT STM, sehingga dapat lebih memberdayakan warga sekitar dan memanfaatkan potensi yang dapat dimanfaatkan bersama. "Ini juga yang kami harapkan," terangnya. 


Disela waktu, Camat Hu’u Muhammad Iswan SKM, menyambut baik serah terima fasilitas sumur bor air bersih bagi warga Desa Marada. Kata Dia, PT STM cukup banyak memberikan kontribusi kepada Hu'u dalam program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.


“Kontribusi PT STM ini cukup luar biasa terhadap dunia kesehatan, dunia pendidikan, dunia pemberdayaan, fasilitas dan sarana sudah cukup banyak yang dilakukan dan didonasikan PT STM," ungkapnya. 


Lanjut Camat, begitu juga di bidang pertanian dengan tanaman ramah lingkungan (tanaman organik). "Saya kemarin juga ikut panen bersama di Daha," terannya.


Sementara itu, Kepala Desa Marada, Abdullah Idris, mewakili masyarakat menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya, karena bantuan air bersih bagi warga dari PT STM bisa dinikmati warga. Apalagi, air ini bisa disalurkan secar langsung ke masing - masing rumah warga.  "Ini bentuk kepedulian perusahaan setelah melihat kesulitan warga Marada terhadap air bersih, menggantikan jaringan perpipaan di sumber air baku warga yang rusak diseret banjir pada awal 2021 lalu," ucapnya. 


Ia, mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mendukung dan mendoakan kebaikan bagi PT STM, sehingga bisa melanjutkan kegiatannya hingga menghasilkan dan melanjutkan program - program pemberdayaannya. “Alhamdulillah di Marada ini tidak ada lagi kesulitan air. Ini luar biasa, ketimbang kemarin, satu bak (air) dikeroyok oleh satu kampung,” katanya.


Kades, juga menjelaskan air bersih bantuan PT STM dikelola pemerintah Desa Marada melalui lembaga yang dibentuk pemerintah desa. Air yang langsung mengalir ke perumahan warga dan dipasangi meteran air. "Warga hanya dibebankan biaya Rp.20,000 per kepala keluarga (KK) untuk biaya perawatan dan insentif petugas. Biaya ini jauh lebih murah, karena tidak berdasarkan jumlah pemakaian air," tandasnya. RUL