Air Sungai Meluap, Ini Penjelasan BPBD Kota Bima

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Air Sungai Meluap, Ini Penjelasan BPBD Kota Bima

Minggu, 04 Desember 2022
Air sungai meluap hingga mengakibatkan genangan air di wilayah Kota Bima


Kota Bima, Topikbidom.com - Itensitas hujan cukup deras kembali melanda wilayah Kota Bima, Minggu (4/12/2022) siang hari. Akibatnya, air di sejumlah lokasi sungai yang ada di beberapa wilayah Kota Bima, meluap hingga menimbulkan genangan air dengan ketinggian genangan berkisar 10-60 cm.


Hal ini, disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima. "Pada Minggu siang kemarin tepatnya pada tanggal 4 Desember 2022, curah hujan di Kota Bima, sangat deras sehingga menimbulkan genangan air akibat meluapnya air di beberapa lokasi sungai," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Bima, Sukarno SH, Senin (5/12/2022). 


Ia menyebut, berdasarkan hasil pendataan di lapangan oleh BPBD luapan air sungai hingga mengakibatkan genangan air, itu terjadi di Kelurahan Jatibaru Barat, Nae,  Jatiwangi, Ule dan Kelurahan Melayu dengan ketinggian genangan berkisar 10-60 cm. "Itulah beberapa lokasi yang terkena dampak luapan air sungai," jelasnya. 


Ia juga, menyebut terjadinya genangan air selain disebabkan luapan air sungai akibat intensitas curah hujan yang sangat lama, juga akibat kondisi hutan yang sudah gundul dan daya tampung drainase yang kurang maksimal. "Pemkot Bima melalui kami BPBD melakukan berbagai langkah penanganan mengatasi masalah yang terjadi," terangnya. 


Apa langkah lainnya yang dilakukan BPBD?


Tambah Sukarno, BPBD  memantau peringatan dini dari BMKG, peringatan dini melalui Handy Talkie (HT) dan WhatsApp Group. "Kami juga melakukan komunikasi dengan relawan (TSBK, PTTB dan Masyarakat yang berada di lapangan), melakukan asesmen dan kajian cepat terhadap bencana serta koordinasi dengan OPD terkait," tandasnya. RUL/$