Pemuda Kreatif di Dompu Rubah Biji Qurma Jadi Gelang Unik

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Pemuda Kreatif di Dompu Rubah Biji Qurma Jadi Gelang Unik

Sabtu, 21 Maret 2020
Ahmadin alias Bondan, warga Desa Wawonduru, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu. (foto/Rul) 

DOMPU, Topikbidom.com - Seorang pemuda kreatif asal Desa Wawonduru, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, mulai menunjukan keahliannya bidang kerajinan tangan. Pemuda yang memiliki nama Ahmadin alias Bondan ini, memanfaatkan biji Qurma untuk dibuat menjadi gelang unik.

Bondan warga Desa Wawonduru, Kecamatan Woja, kepada wartawan mengaku, ide ini mulai muncul pada sering mengkonsumsi buah Qurma." Saat itu, muncul pemikiran saya untuk memanfaatkan biji Qurma menjadi aksesoris gelang dan kalung," ujarnya, Sabtu (21/3/2020).

Bondan menyebut, saat ini ada puluhan gelang dan kalung berbahan biji Qurma yang berhasil dibuat."Gelang dang kalung saya bagikan ke teman teman dekat saya sebagai kenang kenangan," katanya.

Disinggung bagaimana cara pembuatannya? kata Bondan, pertama biji Qurma di rendam dalam air dingin selama tiga hari. Kemudian, dikupas kulitnya dengan menggunakan pisau. Lalu biji tersebut, dipotong menjadi dua bagian.
Setelah itu, biji itu dilubangin dan diamplas sehingga berubah bentuk menjadi bulat.
Usai proses itu, biji tersebut di pernis. Kemudian, disulam dengan benang hingga menjadi gelang."Itulah cara atau proses pembuatan aksesoris berbahan biji Qurma," paparnya.

Diakui Bondan, kedepam dirinya memiliki niat dan tekad untuk membuat Tasbih berbahan biji Qurma."Sebentar lagi kita akan dihadapkan bulan Ramadhan (bulan puasa).  Jadi, sudah pasti Tasbih berbahan biji Qurma yang saya buat nanti banyak berminat," tandasnya. (Rul)