Kajari Dompu Bekali Jajaran Pendidikan dengan Pemahaman Hukum

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Kajari Dompu Bekali Jajaran Pendidikan dengan Pemahaman Hukum

Jumat, 01 Desember 2023

Kajari Dompu, saat menjadi pemateri dalam kegiatan Diskusi Interaktif Penegakan Hukum Yang Humanis dan Wawasan Kebangsaan


Dompu, Topikbidom.com - Kepala Kejaksaan (Kajari) Dompu, Dr Carel W M, memberikan pemahaman Hukum, khususnya mengenai penegakan Hukum secara humanis kepada jajaran pendidikan di wilayah Kabupaten Dompu. 


Hal ini, disampaikan Kajari saat menjadi Narasumber (Pemateri) pada acara Diskusi Interaktif Penegakan Hukum Yang Humanis dan Wawasan Kebangsaan, kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Dompu, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Dompu dan Kodim 1614/Dompu, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2023. 








Kegiatan yang berlangsung di Cafe Laberka Dompu ini diikuti 60 orang peserta yakni Kepala Sekolah (Kepsek), Para Pegawai Dikpora dan Pengurus PGRI Dompu. Momentum ini, juga dihadiri Kepala Dikpora Dompu Drs. H Rifaid M.Pd., Pemateri Wawasan Kebangsaan (Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Wirajati, S.T., M.M),  Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Dompu, Joni Eko Waluyo, S.H., Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Dompu, Baiq Dewi Amanda, SH dan lainnya. 


"Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman Hukum dan wawasan kebangsaan kepada jajaran pendidikan," jelas Kajari di lokasi kegiatan. 


Apa saja materi yang dipaparkan pihak Kejari Dompu?


Pada kegiatan ini, pihak Kejari memaparkan mengenai modus operandi, aturan, ancaman pidana dan pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme dalam pelaksanaan tugas. 


Selain itu, juga tentang keadilan restoratif kejaksaan, Undang-Undang perlindungan anak, Sistem peradilan pidana anak, Hak anak yang berhadapan dengan Hukum, program jaksa masuk sekolah, Pelayanan Hukum jaksa Pengacara Negara Kejari Dompu yang dapat diakses di Website halojpn.id atau melalui gojpn-kejaridompu.id. 


"Dinamika yang terjadi dalam pelaksanaan tugas sebagai guru dan beberapa tindak pidana yang sering terjadi pada saat ini baik secara nasional maupun  di Kabupaten Dompu, seperti senjata tajam, bullying dan cyber bullying, kekerasan, pencabulan dan persetubuhan terhadap anak," ungkap Kajari. 




Sementara itu, pada momentum ini, juga terlihat Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Wirajati, S.T., M.M, menjadi pemateri memaparkan mengenai wawasan kebangsaan kepada para peserta dalam kegiatan tersebut. RUL