Ketua KONI NTB Lantik dan Kukuhkan Ketua - Anggota Pengurus KONI Dompu Masa Bhakti 2022-2026

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Ketua KONI NTB Lantik dan Kukuhkan Ketua - Anggota Pengurus KONI Dompu Masa Bhakti 2022-2026

Minggu, 19 Juni 2022
Ketua Umum KONI NTB, saat melantik dan mengukuhkan Ketua Umum dan Anggota pengurus KONI Dompu Periode 2022-2026

Dompu, Topikbidom.com - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Nusa Tenggara Barat (NTB), H Mori Hanafi SE, M.Comm, Sabtu (18/6/2022) resmi melantik dan mengukuhkan Ketua Umum KONI Dompu Kader Jaelani (Bupati Dompu) beserta seluruh Anggota pengurus KONI Dompu Masa Bhakti 2022-2026. 


Acara yang berlangsung di Pandopo Bupati Dompu, ini juga dihadiri Ketua KONI NTB Mori Hanafi, Bupati Dompu Kader Jaelani, Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM M.MKes, Ketua TP-PKK Dompu Lilis Suryani, Waka Polres Dompu, Perwakilan Dandim 1614/Dompu, Anggota DPRD Dompu, para Pimpinan OPD dan 60 lebih orang Pengurus KONI Dompu masa periode 2022-2026 yang siap dilantik dan dikukuhkan. 




Pantauan langsung wartawan Topikbidom.com, acara diawali dengan atraksi tarian adat budaya yang diperagakan beberapa orang Mahasiswi STKIP Yapis Dompu. Kemudian acara dilanjutkan pembacaan Kalam illahi (Al-Qur'an) Uwais al-Qarni, Pelantikan dan Pengukuhan Ketua Umum dan Anggota Pengurus KONI Dompu Masa Bhakti 2022-2026. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan berbagai rangkaian kegiatan lainnya.


Ketua Umum KONI (Bupati) Dompu, Kader Jaelani


Ketua Umum KONI Dompu (Bupati Dompu) Kader Jaelani, melalui sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua Umum KONI NTB beserta seluruh jajaran yang telah banyak membantu pelaksanaan MUSYORKABLUB dan khususnya CARETEKER KONI Dompu yang telah banyak membantu mulai dari rapat Konsultasi dan Koordinasi sampai proses pengukuhan dan pelantikan KONI Dompu masa bahkti 2022-2026. 


Ia juga, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah hadir pada acara pelantikan pengurus KONI Dompu. "Saya mengharapkan dukungan, masukan serta peran seluruh stakeholder melalui kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk perbaikan, penyempurnaan dan revalitalisasi keolahragaan yang nantinya dapat meningkatkan prestasi dan pembinaan olahraga di Kabupaten Dompu," ucapnya.


Ia juga, tidak lupa menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh Ketua Cabor dan lainnya yang telah banyak membantu dan mendukung sampai terpilihnya Ketua Umum KONI Dompu Periode 2022-2026 secara aklamasi. 


KONI Dompu Harus Mampu Wujudkan Prestasi Olahraga yang Unggul dan Berprestasi?


Kata Kader Jaelani, melalui pengurusan KONI masa Bhakti 2022-2026, semua sama-sama berkomitmen untuk dapat wujudkan prestasi olahraga yang unggul dan berprestasi. Dalam rangka pencapaian itu, KONI Dompu serta segenap jajarannya berkewajiban untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD-ART). 


Mengingat terdapat banyaknya cabang Olahraga sebagai Anggota KONI Dompu, maka KONI dituntut untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik serta memiliki pengelolaan manajemen yang teratur. Hal ini, menjadi tuntutan dan harus dilaksanakan oleh pengurus KONI Dompu karena keberhasilan suatu organisasi tidak akan pernah tercapai tanpa adanya suatu perencanaan, pengorganisasian dan pengarahan kerja.  


Dengan adanya suatu pengawasan atas pelaksanaan kerja dengan memiliki manajemen yang baik dan teratur. Maka, dengan manajemen yang baik KONI akan mampu melaksanakan tugasnya dengan lebih profesional. " Dengan kerja yang profesional KONI akan mampu menghadapi serta dapat mencapai tujuan dalam mewujudkan prestasi olahraga yang unggul dan berprestasi," jelasnya. 


Ketua Umum KONI Dompu, ucapkan Apresiasi atas prestasi yang diraih KONI Dompu, pada kepengurusan sebelumnya?


Kader Jaelani menyebut, selama ini KONI Dompu, sudah cukup berperan dalam menjalankan visi dan misinya serta terlibat secara aktif dalam menjalankan program dan aktivitas. Itu terbukti, dengan keberhasilan KONI Dompu pada periode 2017-2022 mampu memposisikan diri menjadi 3 besar pada Porprov tahun 2018. 


"Secara khusus saya ucapkan terimakasih kepada Ketua KONI Dompu periode 2017-2022 (Putra Taufan SH MH) yang telah mampu membawa dan meningkatkan prestasi olahraga Kabupaten Dompu, sejajar dengan Kabupaten dan Kota di NTB," ucapnya lagi. 


Lebih jauh Kader Jaelani berharap, dengan dilakukan pelantikan pengurus KONI Dompu, diharapkan mampu menjadi semangat barat untuk mendulang prestasi dan melanjutkan berbagai program kerja sesuai dengan visi dan misi bagi kemajuan prestasi dunia olahraga di Kabupaten Dompu. 


Hal terpenting, mempersiapkan sebaik mungkin dengan pelaksanaan Porprov tahun 2022 ini dan sebagaimana senantiasa tugas-tugas dapat berjalan dengan lancar karena paling prinsip adalah bagaimana seluruh program yang terencana dapat dilakukan dengan baik. 


"Intinya mampu mempertahankan dan melaksanakan segara visi dan misi sesuai harapan dan tujuan serta dapat mempertahankan dan meningkatkan program pembinaan bagi atlet. Jika perlu pembinaan ini juga dapat melibatkan stakeholder terkait," terangnya. 


Ketua Umum KONI NTB, H Mori Hanafi SE M.Comm



Kepemimpinan Kader Jaelani sebagai Ketua Umum KONI Dompu, akan semakin maju untuk meraih Prestasi?


Disela waktu, Ketua Umum KONI NTB H Mori Hanafi SE, M.Comm, melalui sambutannya juga, mengaku optimis dibawah pimpinan Kader Jaelani (AKJ) KONI Kabupaten Dompu akan semakin maju untuk meraih sejumlah prestasi.


Dompu pada Porprov sebelumnya berhasil meraih posisi tiga besar. Ini dinilai, sebagai sebuah capaian dan lompatan yang luar biasa. “Capaian ini sekaligus menjadi tantangan bagi kepengurusan KONI Dompu. Minimal bisa mempertahankan prestasi ini,” ungkap Mori.


Meski demikian, Mori menyadari untuk mempertahankan suatu prestasi tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun dibutuhkan perjuangan, semangat dan kekompakan dari pengurus.


“Kondisi yang sama juga terjadi di KONI NTB. Dimana pada PON ini, NTB berhasil meraih posisi ke 9 dengan perolehan 15 mendali emas. Ini juga menjadi tantangan bagi kami pengurus baru untuk mempertahankan prestasi ini,” tuturnya.


Dia menambahkan, untuk kemajuan dunia olahraga, tidak hanya upaya pembinaan atlit dan pelatih, tetapi perbaikan organisasi sebagai penggerak juga jauh lebih baik. “Untuk itu, dibutuhkan kerjasama yang kompak antara pengurus KONI dalam memajukan olahraga di daerah,” pungkasnya.




Sementara itu, Bupati Dompu diwakili Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM M.MKes, melalui sambutannya juga mengatakan sebagaimana diketahui bersama KONI Dompu memiliki tugas pokok merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan serta peningkatan prestasi Atlet, kinerja Wasit, Pelatih dan Manager. "Sehingga dunia olahraga bisa maju dan mampu mengangkat nama daerah dalam berbagai tingkatan," ujar Sekda, saat membacakan amanat Bupati Dompu. 


Lanjut Sekda, penguatan fungsi organisasi KONI dan pengurus cabang olahraga dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dari semua unsur, harus menjadi strategi bagi kepengurusan KONI dan terus berupaya maksimal memajukan olahraga daerah. 


"Agenda besar yang akan dihadapi dan membutuhkan persiapan yang maksimal yakni pekan olahraga Porprov NTB yang berlangsung sekitar bulan November nanti dan pekan olahraga Nasional tahun 2028," ungkapnya. 


Dompu harus mampu hadirkan banyak Atlet untuk mendulang Prestasi?


Tambah Sekda, besar harapan semuanya dalam kedua event itu dan juga pada event olahraga lainnya, daerah ini dapat memainkan peran penting dengan menghadirkan banyak atlet untuk mendulang prestasi, sehingga daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu (Dompu) bisa lebih baik dari daerah lainnya se-NTB. 


Juga, dapat berdiri sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia. Menurutnya, dalam memajukan olahraga kedepannya agar bisa lebih baik lagi dengan harapan KONI dapat mempersatukan berbagai elemen pendukung pembangunan olahraga dengan mengoptimalkan pembinaan olahraga melalui sistem berjenjang yang meliputi olahraga pendidikan, prestasi maupun olahraga rekreasi. 


"Kepada Ketua Umum dan seluruh pengurus KONI Dompu periode sebelumnya, atas dedikasi dan kontribusinya dalam memajukan olahraga daerah dengan berbagai torehan prestasi, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan. Mudah-mudahan apa yang telah diperbuat menjadi amalan jahriah yang bernilai ibadah disisi Allah SWT. Kepada Ketua dan Pengurus KONI yang baru, saya ucapkan selamat dan segeralah menyusun program kerja untuk kemajuan olahraga di Bumi Nggahi Rawi Pahu," jelasnya.


Lebih jauh, Sekda berharap semoga apa yang direncanakan secara bersama bisa tercapai untuk memajukan dunia olahraga di Kabupaten Dompu. "Ini demi tercapainya generasi unggul yang akan membawa Dompu Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (MASHUR)," tandasnya. RUL