Hari Ketiga Kegiatan, BIN NTB Mampu Tingkatkan Cakupan Vaksin sampai 1500 Orang

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Hari Ketiga Kegiatan, BIN NTB Mampu Tingkatkan Cakupan Vaksin sampai 1500 Orang

Senin, 18 April 2022

BIN NTB wilayah Dompu, saat melaksanakan vaksinasi

Dompu, Topikbidom.com - Kerja keras Badan Intelijen Negara (BIN) NTB untuk ikut memulihkan kondisi wilayah agar terhindar dari penyebaran Covid-19, patut diacungi jempol. Langkah pemulihan ini, pun dilakukan BIN NTB dengan cara terus melaksanakan kegiatan vaksinasi massal di semua Kabupaten-Kota di NTB. Tidak hanya masyarakat umum, pihak lainnya pun ikut menerima suntikan Vaksin. 


Hal itu, terbukti seperti kegiatan vaksinasi massal hari ketiga yang dilaksanakan BIN NTB melalui anggotanya di Dompu bekerjasama dengan  Pemda dan Dinas Kesehatan (Dikes) di Masjid  Agung Baiturahman, Masjid Arahman dan di Kantor Lurah Dorotangga Kecamatan Dompu, Senin malam (18/4/2022) ini, mampu meningkatkan cakupan vaksinasi hingga mencapai 1500 lebih. "Alhamdulillah, berdasarkan laporan tentang kegiatan vaksinasi malam ini sebanyak 1500 lebih orang berhasil di vaksin," ungkap Kepala BIN NTB, Wara Winahya.


Ia menyebut,  serbuan vaksin malam hari atau usai taraweh dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten-Kota se NTB. "Kami BIN akan terus membantu agar capaian vaksinasi Booster hingga Idhul Fitri di NTB diharapkan sudah mencapai 30 persen," tandasnya. 


Sekda Dompu, Kapolres Dompu dan Anggota BIN NTB wilayah Dompu, saat berada di lokasi kegiatan vaksinasi


Sementara itu, Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM M.MKes, mengapresiasi semangat dan kerja keras BIN NTB dalam meningkatkan cakupan vaksinasi. "Peran BIN luar biasa dalam membantu mensukseskan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah," ujar Sekda di lokasi kegiatan Vaksinasi. 


Dalam menuntaskan vaksinasi secara menyeluruh,  baik tahap I, tahap II dan vaksinasi tahap III (vaksinasi booster), Pemda Dompu juga bekerjasama dengan BIN NTB. "Alhamdulilah atas dorongan dari BIN NTB, sinergitas dengan TNI/Polri, capaian vaksinasi Boster cukup signifikan," katanya. 


Selain itu, pada kesempatan ini Sekda juga mengingatkan kepada seluruh ASN lingkup Pemkab Dompu, agar menuntaskan vaksinasi  Ctovid-19, baik tahap I tahap II dan tahap III (Vaksin Booster). Begitu, juga dengan masyarakat. "Terkait vaksinasi Booster bagi ASN, Pemkab Dompu sudah mengeluarkan Surat Imbauan Nomor: 991/2125/Dikes/2022 Tanggal 16 April 2022 Perihal Vaksinasi Booster bagi ASN," jelasnya. 






Imbauan itu, adalah langkah menindaklanjutiPeraturan Presiden RI Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020, tentang Pengadaan Vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka Penangnggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). "Target capaian vaksinasi booster untuk Provinsi NTB sampai dengan H-7 Hari Raya Idul Fitri sebesar 30 persen," terangnya. 


Selain itu juga tambah Sekda,  pelayanan vaksinasi  juga diberikan kepada warga penerima bantuan minyak goreng dan dana bantuan sosial sembako yang secara teknis dikoordinir oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Dompu. "Seluruh lapisan masyarakat  diharapkan untuk ikut ambil bagian mensukseskan program vaksinasi ini khususnya vaksin booster," tuturnya.  



Lebih jauh, Sekda mengajak seluruh pihak termasuk masyarakat untuk berpartisipasi dengan memberikan pemahaman yang benar kapada keluarga dan lain-lain tentang manfaat vaksinasi tahap satu, dua dan tiga. "Kita sama-sama berharap cakupan vaksin Booster mencapai 60 persen hingga akhir bulan April tahun 2022," tuturnya. 



Sebelumnya, pada kegiatan vaksinasi ini selain Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantau Putra SKM M.MKes, juga hadir Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat SIK, yang saat itu memantau dan melihat secara langsung jalannya kegiatan. Tidak hanya itu, Sekertaris Dikes Dompu, Kepala Puskesmas Dompu Kota dan beberapa pejabat lingkup Pemkab Dompu, pun terlihat hadir di lokasi setempat. RUL