Jara Pasaka Terus Diwujudkan, Masyarakat Dompu Gelar Tanam Pedana Porang

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Jara Pasaka Terus Diwujudkan, Masyarakat Dompu Gelar Tanam Pedana Porang

Kamis, 23 September 2021

 

Bupati Dompu Kader Jaelani bersama para pihak saat melakukan penanaman perdana Porang di Kecamatan Pajo

Dompu, Topikbidom.com - Program Jara Pasaka yang dicanangkan Abdul Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan ST MT (Bupati dan Wakil Bupati Dompu), sampai saat ini terus diwujudkan. Salah satunya, penanaman Porang. Hal ini terbukti, Kamis (23/9/2021) warga Desa Ranggo, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, melakukan tanam perdana tanaman Porang di atas lahan lebih kurang 2 hektar. 


Penanaman Porang, ini pun disaksikan secara langsung oleh Bupati Dompu Kader Jaelani, Anggota Komisi I V DPR RI H Muhammad Syarifudin ST MM, Danpos Ramil Peltu Sucipto Pajo, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ilham SP, Camat Pajo M. Khamrun SH, Kades se-Kecamatan Pajo, tokoh masyarakat, adat dan tokoh agama serta pihak lainnya. 


Bupati Dompu Kader Jaelani, melalui sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap Kementerian Pertanian dan Perkebunan yang sebelumnya memberikan dukungan kepada masyarakat Kabupaten Dompu, dalam mengembangkan tanaman Porang. "Alhamdulillah, kegiatan tanam perdana porang ini didukung Kementerian Pertanian dan Perkebunan RI," ungkapnya. 


Bupati berharap, porang ini bisa membawa perubahan kemajuan dari masyarakat Dompu. Terutama mampu meningkatkan nilai nilai ekonomi para Petani di Kabupaten Dompu. "Semoga hasil pertanian kita di Dompu ini mampu bersaing dengan daerah daerah lain," terangnya. 


Bupati juga berharap, masyarakat tetap semangat dalam mengembangkan tanaman Porang karena jenis tanaman ini tidak merusak ekosistem hutan. "Porang ini bisa ditanam di samping dan di bawah pohon tanpa harus menebang pohon. Bahkan Porang ini pun bisa  menggantikan tanaman jagung yang selama ini merusak ekosistim alam (hutan) yang ada di Kabupaten Dompu," jelasnya. 


Sementara itu, Anggota Komisi I V DPR RI H Muhammad Syarifudin ST MM, juga menyampaikan harapan agar masyarakat bisa terus semangat dalam mengembangkan tanaman Porang. Selain itu, melalui program ini juga diharapkan mampu meningkatkan nilai nilai (pendapatan) ekonomi masyarakat. 


"Saya selalu mendukung untuk kemajuan masyarakat Dompu agar bisa bersaing terutama dalam bidang pertanian. Dompu juga harus mampu menjadi penghasil Porang terbanyak khususnya di Provinsi NTB," Tandasnya. RUL