Pencairan BLT-DD Bagi Warga Terdampak Covid-19, Ini Penjelasan Kepala DPMPD Dompu

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Pencairan BLT-DD Bagi Warga Terdampak Covid-19, Ini Penjelasan Kepala DPMPD Dompu

Kamis, 07 Mei 2020
Kepala DPMPD Dompu, Haeruddin SH (foto/Rul) 
Dompu,Topikbidom.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu Haeruddin SH, menjelaskan mengenai realisasi pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD). BLT ini, diperuntukan bagi warga ekonomi lemah yang terdampak Covid-19.

"Dampak pendemi virus Corona (Covid-19) saat ini sangat dirasakan masyarakat kecil. Untuk meminimalisir persoalan ini, DPMPD terus mendorong  agar seluruh Pemdes segera menyelesaikan proses pendataan calon penerima BLT, " ujar Haeruddin SH, Kamis (7/5/2020).

Kata Haeruddin, selain mendata penerima, Pemdes juga segera melakukan perubahan APBDes bersama BPD sebagai syarat pencairan bantuan BLT tersebut.

"Jika hal item ini tuntas, maka bantuan itu bisa segera cair dengan hitungan mulai bulan April,  Mei dan Juli Tahun 2020," jelasnya.

Haeruddin menyebut, saat ini semua Desa di Kabupaten Dompu sedang melakukan pendataan calon penerima bantuan. Berangkat dari hal ini, pihaknya berharap agar Pemdes mendata sesuai ketentuan dan tepat sasaran.

"Sasaran program BLT-DD adalah orang miskin yang tidak mendapatkan bantuan PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), tidak mendapatkan kartu Prakerja, JPS Gemilang dan JPS Dompu Terpijar," terangnya. 

Selain itu tambah Haeruddin, bantuan ini juga diperuntukan bagi orang yang kehilangan mata pencahariannya akibat dampak Covid-19 dan untuk keluarga pengidap penyakit kronis serta ketentuan-ketentuan lain yang diatur dalam peraturan Pemerintah.

"Anggaran ini, sebanyak 30 persen dari ADD dan tidak boleh lebih. Tapi pengecualiannya boleh lebih jika masih ada rakyat miskin belum dapat bantuan tetapi harus ada disposisi atau persetujuan dari Kepala Daerah (Bupati)," paparnya. (Rul)